October 2010 - Indra Permana

Thursday, October 21, 2010

4 Sehat 6 Sempurna

Thursday, October 21, 2010 32
4 Sehat 6 Sempurna
Halo halo sobat ThRw

Kalo kemaren gw ngenalin my little brother, naaah skarang gw mau ngenalin Zaman neh *jangan kire ini orang yee* hehe

2010 ini orang-orang *termasuk gw tentunya* menganggap kalo tahun ini adalah zamannnya internet, Setuju ?

 Di zaman internet ini semua orang sangat bersahabat sekali dengan si internet. Mulai dari anak-anak sampai ibu-ibu, dari yang berkepentingan sampai yang iseng-iseng sekalipun semua menggunakan internet.

Sebut sajalah Facebook, situs jejaring sosial yang sedang marak di tahun ini. beragam fasilitas yang ditawarkan memang memanjakan kita sebagai penggunanya. malu rasanya jika tidak memiliki akun situs jejaring sosial ini.

Di internet beragam informasi bisa kita dapatkan dengan mudah dan cepat, betul betul betul ?? Selain bisa mendapatkan informasi, kita juga bisa bernostalgia, mendapatkan teman dan pengetahuan baru bahkan masalah pun bisa kita dapatkan di internet.

Masalah ? Koq bisa sih ThRw ?

Eits … jangan salah, di internet semua bisa terjadi. Misalakan kita membuat suatu artikel, testimoni atau status di jejaring sosial yang dapat merugikan atau merusak nama baik seseorang, kita bisa di laporin loh

Di laporin kemana ThRw ?

Ke tukang cendol ! ya ke pihak yang berwajib lah .. makanya sehat-sehatlah dalam ber-internet!

Maksudnya harus olah raga dulu ?

Waduh ?? Bukaaaaan blekok! maksudnya kita harus pinter-pinter menggunakan internet dan jangan berlebihan tentunya, karena e karena dunia internet itu bisa menjadikan kita sebagai budak. Ya secara tanpa sadar kite telah diperbudak sama si internet.

Surfing yang sehat yaitu bagaimana cara kita me-manage diri kita dan waktu kita selama surfing berlangsung. Dengan kata lain harus terjadwalkan terlebih dahulu supaya surfingnya efektif. Saya kasih contoh ringan, Seorang pelajar diberi tugas oleh gurunya untuk mengumpulkan suatu informasi, naahh sebelum kita melakukan surfing alangkah bijaksananya apabila kita me-manage terlebih dahulu berapa jam kita akan surfing?, situs apa yang harus di kunjungi? maka surfing yang kita lakukan terasa lebih efektif. Bukan begitu ??

Terkadang orang yang sudah kecanduan internet merasa kalo dunia maya itu adalah dunia mereka yang membuat mereka merasa nyaman. Naah orang yang memiliki tingkat keEksis-an seperti ini nih bisa lupa segalanya termasuk gaya hidup sehat.

gini deh, aku kasih beberapa pertanyaan untuk ngetes seberapa eksis kamu di internet.
1. Apakah ponsel kamu support internet ?
2. Seberapa sering kamu menggunakan ponsel untuk surfing ?
3. Punya berapa akun jejaring sosial ?

4. Seberapa sering kamu update statusmu ?

5. Seberapa pentingkah internet bagimu ?
6. Lebih sering baca informasi dimana ?
7. Kapan terakhir kali kamu pake internet ?

Naahh.. hasilnya sih bisa kalian ketahui sendiri. ya kan ??
hayoo ngaku seberapa eksiskah kamu ?

***

Dampak negatif yang bisa dirasakan mulai dari makan dan istirahat yang tidak teratur, munculnya sifat individualis atau mungkin terjerumus untuk mengakses situs-situs yang tidak di inginkan atau bahkan mengakibatkan kerugian finansial.

Aw aw aw aw ..
Ancaman surfing di internet memang serius. tapi jangan memberi "hijab" atau batas untuk kita berbagi informasi..

Yok yok yok kita mulai ber-internet sehat! dan jadikan hidup kita menjadi hidup yang 4 Sehat 6 Sempurna..