Cerita Kenalan Sama Si Socmed - Indra Permana

Saturday, July 5, 2014

Cerita Kenalan Sama Si Socmed


Hae, gaes! Balik lagi sama gue si ganteng yang gak pernah diketahui kegantengannya. 

Abaikan.

Gue ini adalah orang yang seneng banget sama internet dan apapun yang ada di dalamnya serta apapun yang berkaitan dengannya. Awalnya gue kenal internet itu sekitar 2006, waktu gue SMP. Dan situs pertama yang gue buka adalah primbon.com, itu guru TIK gue yang ngasih tau. Ampunilah ia yang sudah mengenalkanku akan hal-hal gaib dan nyerempet musyrik. Woiya, email pertama gue waktu kenal internet adalah email dari plasa.com yang sekarang gak tau kemana itu situsnya.

Seiring lebih dekat dan mengenalnya gue dengan internet, gue mulai buka situs-situs pornografi sosial media dan situs menarik lainnya. Sosial media yang gue kenal pertama kali adalah friendster. Friendster adalah sosial media pertama yang gue tau, itu juga dikasih tau sama temen gue. Setelah gue bikin akun friendster, gue mulai keranjingan maen begituan dan mulai menjadi pelanggan tetap warnet di deket rumah.

Friendster adalah tempat gue melewati fase aL4Y gue, kenapa aL4Y karena display name gue waktu itu lebih cocok disamain sama rumput yang bergoyang terus kena tai kebo dan keinjek pak tani. Kalo gak salah nama Display Name di FS gue itu [T][h][R][w] apa gitu gue lupa. Pokoknya ya lebih rumit dari sandi morse dan Sandhy Sandoro.

Selain friendster, gue juga tau yang namanya ning.com yang dulu banyak banget dipake buat bikin situs komunitas-komunitas. Gue pernah bikin satu situs fans club yaitu fans clubnya si Lintar yang jadi peserta di Idola Cilik 3. Nah, dari sana gue mulai suka yang namanya edit-edit halaman web.

Di tahun 2009, gue udah mulai kenal blog, facebook dan twitter. Gue mulai ngeblog sekitar bulan maret 2009. Blog pertama gue adalah yang sekarang kalian kunjungin dan baca ini. Awalnya gue bikin blog itu karena terinspirasi dari seorang blogger yang jadi bintang tamu di acara Talk Show di salah satu stasiun tv yang gak sengaja gue tonton, gue lupa siapa namanya, tapi kayaknya sih Raditya Dika.

Isi blog gue juga dulu cuma hasil copast dari google (tapi udah gue hapusin semua artikel yang hasil copast) selain itu ya cuma curhat-curhat gak jelas yang sampe sekarang masih ada, silakan blusukan ke arsip blog gue kalo mau baca-baca. Untuk lebih jelasnya tentang cerita awal mula gue ngeblog bisa dibaca di page Tentang Thrw dan ThrwBlog.

Mulai tahun 2009, gue resmi jadi anggota sebuah warnet di deket rumah dan punya ID Card. #AnakWarnetGarisKeras ~\o/

Facebook

Gue join di facebok sekitar tahun 2009-an. Alhamdulillah di facebook ini gue gak pake nama dengan sandi-sandi pramuka kayak di friendster lagi. Sempet keranjingan juga sama yang namanya facebook. Sampe-sampe sekarang friends-nya udah full dan terpaksa gue bikin akun facebook baru yang gue pake sampe sekarang. Kalo yang dulu gue temenan sama siapa pun, yang ini gue khususin buat gak sembarang add orang. Hehe kayak artis kan gue? Khak!

Twitter

Akun twitter juga gue dapetin di tahun yang sama. Tapi, dulu gue belum ngerti cara makenya dan gak se-booming kayak sekarang ini. Dulu, akun twitter punya gue cuma dipake buat nyampah status gak jelas doang yang isi tweetnya cuma "Lapar" "Haus" "Mules" "Cebok" "Ngeden" dll. Oiya, jadi inget zaman awal-awal mulai pake twitter, gue kalo mau nge-RT tweet orang, gue tulis ulang dulu tweet yang mau gue RT, diafalin dulu, karena dulu gue cuma taunya twitteran itu pake mobile.twitter.com doang yang gak ada fitur RT comment, belum tau twitter client lainnya kek TweetDeck yang ada fitur RT comment-nya. Alhamdulillah makin ke sini, gue makin mendapatkan pencerahan tentang dunia per-twitter-an, mulai ngtweet di jalan yang benar. Dengan akun @indrathrw yang gue pake sekarang, udah lumayan banyak menghasilkan barang-barang gratis karena gue sering ikutan kuis huehehe #IndrathrwCintaGratisan. Khak!

Tahun 2009 pokoknya tahun gue kenal lebih jauh tentang internet. Segala sosial media di-join-in, setiap hari gue ke warnet, setiap ke warnet gue pake paket langganan, pokoknya gue keranjingan banget dah sama internet di tahun itu, terutama blog. Di tahun yang sama, gue juga mulai tau blogger-blogger keren kayak Raditya Dika, Benakribo, Shitlicious, Diana Rikasari, dll

Makin ke sini, blog yang masih sering gue isi cuma ini. Sosial media cuma facebook sama twitter doang. Sesekali gue suka ngisi YouTube Soundcloud sama Tumblr juga. Kemarin-kemarin gue juga suka maen instagram, tapi karena sekarang gadget gue gak bisa maen begituan, dengan alasan yang gak bisa gue sampaikan. Pokoknya gue ini anak sosmed banget lah *benerin dasi* *dasi goreng*

Keranjingan boleh, tapi kita juga harus selalu mawas diri, dunia maya adalah dunia yang yang samar dan gak nyata. Hati-hati dengan data-data yang sifatnya pribadi banget dan gak layak untuk konsumsi publik (baca: dunia maya) takutnya ada pihak yang menyalah gunakan. 

Nah, kira-kira begitulah sedikit ringkasan cerita gue kenal sama internet, blog dan sosial media. Kali aja nih ada yang mau kenalan sama gue, bisa add/follow/subscribe akun sosial media ini nih:
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Instagram
  4. Soundcloud
  5. YouTube
Kalo kalian gimana nih ceritanya? Display name di Friendsternya apaan? Atau pernah aL4Y di socmed juga gak? Yok, ah share di komen!

41 comments:

  1. Kayaknya semangat blogging lo bener-bener berkobar lagi ya. Keren (y)

    Hampir sama nih, gue jg kenal internet pas SMP. Dari situlah kehidupan dunia maya gue terlahir.

    Follow to follow akun socmed boleh nih :D

    ReplyDelete
  2. Gue sih lahir di kala friendster sudah punah. Tapi ya, namanya ABG, pasti pernah alay. Dan, gue shock sendiri, ketika ngeliat gue alay banget di facebook! Ckck

    ReplyDelete
  3. Pernah banget bang alay di fb, gue stalking akun gue sendiri dan gue apusin status yang bikin ch4qied mata itu, pfft.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHA, ini iya banget. Apalagi catatan nyampah yang isinya curhat galau ala ababil gitu. Untungnya dulu gue nggak ikut2an hobi foto alay, kalo enggak kan repot juga ngehapusnya -_-"

      Delete
    2. Jaman dulu mah hengpon gue gak bisa buat foto, paling cuma bisa buat ngulek sambel :p

      Delete
    3. @Muhammad Hendra: Good! Kesian temen facebookmu dikala melihat statusmu :))

      Delete
  4. Replies
    1. Ah, iya. Gue tau sih ada mIRC yang buat chat itu kan ya? Tapi gak bikin

      Delete
  5. nijrr setelah membaca article lo gue jadi teringat masa-masa kelaaian gue ;v wkwkkw old but gold, visit lagi bang

    ReplyDelete
  6. pertama kali gue ke warnet, dan nggak kenal apa itu friendster. karena di warnet, gue lebih milih game onlin. sampai bela-belain beli voucher gitu, dan malah sekarang gamenya udah ngak pernah d mainin lg. malahn lupa sama id paswrodnya juga. hahah. tapi, emang terkenang banget deh.

    oh, lo nak warnet garis keras? gue nggak deh. tapi, gue bergaulnya sama orang'' kayak gitu sih, ngehehe.
    dulunya juga nggak paham, cara gunain twitter, tapi berhubung gue kebelet gaul, mau nggak mau aktif juga di twitter. boleh juga nih, kalo saling follow''an. apalagi, blog sama twittnya. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga sempet maen game online waktu gue SD. Maennya GunBound. Ragnarok juga, tapi gak sempet bikin ID :D

      Delete
  7. wahahahahaha #AnakWarnetGarisKeras lol :3

    ReplyDelete
  8. ane malah kaga pnya akun friendster :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin dong! Eh, udah gak ada deng :))

      Delete
  9. Anjis, flasback banget nih friendster. Gue adalah orang yang bikin social media. Kalau yang lo posting ini udah khatam. Gue ada ask.fm, yahoo answer, myspace, msn, mIrc, dan satu lagi lupa yang iconnya ikan fugu gitu. Akhirnya, itu hanya jadi sampah internet saja~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya gue juga semua social media gue joinin. Hampir semua. Sampe-sampe gue bikin list semua akun socmed dan gue kunjungin buat bikin akun haha

      Delete
  10. Gue kenal sosmed karena gue dibully temen-temen gue, karena gue ga punya facebook :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keterlaluan kalo sampe gak punya facebook mah :D

      Delete
  11. buset! lengkap banget bang sosmednya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak sosmed gituloooh~ eh anak emak deng :D

      Delete
  12. Haha, gue dulu warrnet cuma buat watching porn.

    Astaghfirullah, puasa.

    ReplyDelete
  13. pertama kali punya facebook pake nama alay... sedih x'D

    ReplyDelete
  14. Kenal blog tahun 2009, tapi aktif 2012. itupun postingan masih ingusan. naik turun gak jelas..

    ReplyDelete
  15. Nggak kenal Friendster, tapi katanya sih seru, maklum Asyifa kan anak yang telat pergaulan *tssaaah. Setuju sih, aku juga anak socmed *ditampol Emak*, mulai dari twitter, facebook, instagram, path, tumblr, ask.fm, youtube, banyak banget lah~ Cuma sekarang gaulnya di akun yang kece dan dirasa gaul sih, lebih sering aktif di twitter, instagram, sama path, sekalian pamer kalau henpun-nya smartphone *bahahahaha

    ReplyDelete
  16. Gua kenal warnet dari kelas 5 SD, dan itu gak ngerti socmed cuma buat main game game aja.
    Friendster, facebook adalah masa alay yang telah usang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman SD gue juga mennya game online. GunBound :D

      Delete
  17. Gue bukan anak yg sempat kenal friendster, berarti gue ga tua yekan.....
    Tjie yg segala socmed punya. Kewl amat. :p

    ReplyDelete
  18. Pernah alay juga si. Di facebook tepatnya. Namanya Asti Freenzy Breazers. Itu fans clubnya Ozy sama Rizky IC 3. Hiks

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca tulisannya. Silakan beri komentar, berilah komentar yang sopan dan tidak mengandung SARA dan jangan lupa mampir lagi ke sini. Silakan tinggalkan jejak tapi jangan nyepam. Thanks, guys! :D