Beberapa Hal Yang Membuat Ide Terlantar

Monday, June 02, 2014


Biasanya yang namanya ide suka muncul kapan aja dan di mana aja. Ya gak beda jauh lah ya sama yang namanya rindu. Sama-sama bisa dateng kapan aja dan di mana aja. Hasrat pengen kentut juga. *duuut*

Ngomongin soal ide, gue ini termasuk orang yang setiap hari harus ada ide yang muncul. Ide apapun itu. Kayak ide buat ngetweet, ide buat postingan, ide buat bikin video, ide buat ngisi soundcloud. Pokoknya ide apapun. Hehehe. Mungkin karena gue udah jatuh cinta dengan dunia kreatif yang harus mengasah diri kita untuk terus memberikan ide dan inovasi-inovasi, sehingga bisa menjadi manuver buat karya-karya kita nantinya #pret

Oh iya, ide juga bisa datang secara sendirinya kalo kita sudah terbiasa untuk mencari ide. Seperti yang sudah gue singgung di atas. Kalian pasti pernah ngalamin dimana ide muncul pas kita lagi pup. Selain karena pas lagi pup kita gak banyak mikirin apa-apa, karena kebiasaan pula lah ide itu muncul walaupun pas lagi pup.

Tapi, yang namanya ide itu ada dan mucul di pikiran kita, jadi kalo gak cepet-cepet dieksekusi atau mungkin ditulis dan disave dulu, ide biasanya suka buyar dan terlupakan gitu aja. Gue sering banget ngalamin kayak gitu.

Berasal dari pengalama gue, ada 3 hal yang dapat membuat ide terlantar kurang lebih adalah sebagai berikut:

1. Dicuekin
Dalam hal ini, ide bisa jadi kayak cewek yang kalo dicuekin, suka ngilang gitu aja. Makanya, kalo ide muncul, harus buru-buru diekseskusi langsung atau dicatat dan disimpan baik-baik di note. Usahakan jangan di kepala, ya manusia kan ada masanya lupa. Nah, kalo udah disimpen, bisa dieksplor dan langsung dieksekusi.

2. Keterbatasan Alat
Ini yang biasanya jadi alasan banyak orang. Mereka punya banyak ide tentang sesuatu yang mereka hanya bisa ngasih ide dan gak bisa mengeksekusinya karena keterbatasan alat atau pendukung untuk mengeksekusi ide tersebut. Masih mending jika ada alat yang walaupun seadanya tapi masih bisa digunakan untuk mengeksekusi ide tadi. Nah disinilah kekreatifitasan kita diuji, bagaimana caranya bisa mngeksekusi ide dengan keterbatasan alat.

3. Gak Ada Partner
Mungkin berawal dari manusia yang merupakan mahluk sosial dan membutuhkan orang lain, dalam hal ini juga. Dengan adanya partner, selain bisa sharing dan berbagi ide, partner juga bisa menjadi pelengkap untuk mengeksekusi sebuah ide. Misalnya kita cuma punya ide, nah si partner ini bisa membantu kita untuk mengeksekusinya karena dia punya alat yang dibutuhkan. Tapi kalo gak ada partner, kita jadi berpikir lebih keras lagi untuk mengeksekusi sebuah ide terlebih kalo kita memiliki keterbatasan alat.

Sebenernya dari 3 hal di atas gak bakalan jadi halangan kalo kita ngasih effort yang lebih terhadap apa yang akan kita lakukan. Iya, dengan adanya usaha pengin merealisasikan apa yang menjadi ide, akan ada jalan untuk itu.

Mungkin segitu aja dulu postingan kali ini, kalo ada yang mau nambahin tentang hal-hal yang bisa bikin ide terlantar bisa dishare dikomen, loh.. See you, guys! :D

You Might Also Like

29 komentar

  1. Kalau saya, yang sering membuat ide saya terlantar adalah rasa malas. Malas mengerjakan karena bermcam soal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, bener banget. Males itu kalo gak dilawan, ya betah. Gitu :)

      Delete
  2. Yang jelas akibat nggak ada tindakan hanya sebuah wacana :p

    ReplyDelete
  3. Kalau ide terlantar itu kadang engga cepet2 di tulis. bener banget di nomor 1 dicuekin.

    ReplyDelete
  4. wah problem gua saat ini nomor 1 sama nomor 3

    adamhasnan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah nyangkut sama nomer 3 ini solusinya paling gabung dengan komunitas yang sesuai dengan interest dan passion lo aja, bro :D

      Delete
  5. Pas banget nih yang poin 1 : Dicuekin. agak sering, hihi. harusnya emang langsung dikekepi dan digarap :D

    ReplyDelete
  6. setuju juga sama poin 1.
    Biasa nya saya kalau dpt ide, langsung ditulis dimemo hp. Karena hp selalu dibawa kemana mana. Dan ide pun dapat dimana saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, setuju. Kalo gak buru-buru dicatet biasanya suka lupa dan akhirnya gondok sendiri :D

      Delete
  7. kalo ide gue sering nulis, kok sering lupa ya bang?

    ReplyDelete
  8. Tidak ada referensi atau orang lain yg diajak ngobrol juga termasuk penyebabnya tuh, kak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tidak adanya referensi mungkin karena kamunya belum peka. Sekarang kan banyak blogger-blogger dan banyak informasi serta trend yang terjadi yang bisa jijadikan referensi.
      Kalo untuk masalah tidak ada orang yang bisa diajak ngobrol, itu bisa masuk ke point 3. :)

      Delete
  9. Yang biasa gue alamin yang nomer satu. Gak tau kenapa kadang kalau bad mood males buat nulis :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, Bro..
      Itu emang udah jadi salah satu musuh terbesar Blogger :(

      Delete
  10. Kenapa males masih jadi persoalan pertama buat gue? Sori mungkin gak seharusnya gue curhat disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha woles, bro.. Ya kan curhat mah gak perlu ke Mamah Dedeh.
      Kali aja disini ada yang bisa membantu :))

      Delete
  11. sebagai yang punya usaha sendiri, intinya mah kerjain aja :D lanjut2nya mah masalah perjuangan. mau gak berjuang buat ide kita? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Karena hidup adalah perjuangan. MERDEKA!!! \o/

      Delete
  12. Jujur gua adalah orang yang punya segudang ide, menurut gua. Tapi gua masih blm bisa buat yang nama nya berani keluarin ide ini jadi kenyataan. Dari 3 hal di atas, gua bukan lah dari 3 hal tersebut. Tapi gua adalah orang yang paling ga punya niat, walaupun gua udah punya ke-3 nya, tapi ga ada niat, mungkin sama aja bohong & ini lah gua haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah coba kalo idenya ditampung dulu. Entah itu ditulis atau apa. Nanti kalo ada niat, baru eksekusi :D

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu, ide aja dicuekin, gimana nanti pacar hehehehe

      Delete
  14. Yang paling utama alasan gue ngelantarain si 'ide' ini adalah biasanya sibuk. Padahal sibuknya sibuk nyari kegiatan (, --)/|
    Gue juga selalu begini: kadang dapet ide pas lagi pup, giliran di depan pc idenya langsung buyar aja, blank. Gak tau kenapa, mungkin ikut kesiram tadi sama pup-nya :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya.. Gue juga pernah nih begini. Kayaknya alasannya sama. Ikut kesiram :((

      Delete

Selamat datang di blog gue.. Terima kasih sudah membaca postingan sampai akhir. Silakan komentar tentang postingan di atas. Berilah komentar yang sopan no SARA dan jangan lupa mampir lagi ke sini. Silakan tinggalkan jejak tapi jangan nyepam. Thanks, guys! :D