Lika-liku Ngeblog

Monday, June 23, 2014


Hae, guys! Wah udah lama nih gue gak cerita-cerita di sini. Cerita lagi, ah. Gue mau nyeritain waktu awal-awal gue ngeblog sampe sekarang nih. Dibaca, ya. Mudah-mudahan ada manfaatnya dan bisa jadi motivasi kalian buat terus ngeblog \o/

Udah hampir lima tahun gue ngeblog, udah ratusan postingan yang ada di blog ini, blog itu dan blog gue yang lainnya. Postingannya juga udah macem-macem tulisannya, judul sama isinya apalagi. Lima tahun itu lumayan lama, ya walaupun gue sempet banget ngalamin naik turunnya semangat ngeblog dan nulis, gue bertekad akan terus ngeblog.

Waktu awal-awal ngeblog, gue bisanya cuma copy paste dari sumber lain, mungkin karena dulu gue belum tau betul apa itu blog dan fungsinya. Awal gue ngeblog itu kira-kira waktu masih kelas 2 SMA, cerita lengkapnya bisa baca di halaman Tentang Thrw dan ThrwBlog. Dulu blog gue sepi banget, lebih sepi dari gadget jomblo. Visitor gak ada, komentar apalagi. Tapi dulu gue masih terus aja ngeblog walaupun cuma sekedar cerita-cerita gak penting. Niatnya sih ya karena gue seneng berbagi aja.

Makin ke sinian, sedikit banyak gue mulai ngerti tentang apa itu blog, ngeblog itu ngapain dan harus gimana. Mulailah gue cari tahu tempe tentang seluk beluk dunia blog. Yang pertama kali gue temuin waktu itu adalah Indonesian Matters. Sebuah website blog directory gitu pokoknya, yang nampilin blog-blog yang keren-keren. Jadi ada semacan score, tiap blog memiliki score masing-masing yang diambil dari beberapa penilaian.

Di blog directory Indonesian Matters gue nemuin blogger-blogger yang pasti kalian juga bakalan tahu. Gue nemuin Diana Rikasari, Benakribo, Raditya Dika dan blogger lainnya. Gue coba liat-liat semua list blog yang ada di sana. Semuanya keren-keren euy. Mulai dari tampilan, bacaannya, semuanya. Pantes aja bisa masuk rank teratas. Nah, dari sana gairah gue untuk ngeblog semakin kuat.

Gue mulai ngedit-ngedit template blog yang tadinya gue pake template bawaan, gue mulai nyari-nyari template yang keren biar para pengunjung bisa betah ya at least tampilannya ngebetahin walaupun tulisannya gak bagus-bagus amat. Nah, dari keinginan itulah gue mulai nekat maen HTML sama CSS dengan sotoynya dan alhamdulillah sedikit banyak gue mulai ngerti tentang HTML.

Dulu, setelah dengan sotoynya gue ngedit-ngedit template, gue malah jadi keseringan ngedit template blognya daripada nulis postingannya. Dikit-dikit edit template, dikit-dikit ganti template. Postingan mah dianggurin. Segala widget ditempelin. Jam, kalender, flash, foto, video, musik, pet dll. Pokoknya sidebar gue rame dan numpuk, alhasil blog gue berat dan sepi pengunjung. Karena emang belum pernah ada visitor huehehe.

Suatu saat, gue nemuin template yang gue rasa keren dan betah diliat. Setelah problem template beres, sekarang gue mulai ngisi-ngisi postingan. Yang udah dari dulu sering maen ke blog gue yang ini, pasti tau gimana postingan gue zaman awal-awal ngeblog, isi postingannya paling ada dua paragraf dengan tanda baca sama penulisan yang masih acak-acakan, kadang-kadang postingannya cuma berisi gambar atau foto, kadang-kadang quote gak jelas. Pokoknya masih acakadut, buat yang penasaran bisa buka tulisan gue dari awal dan bisa bandingin deh dengan tulisan gue sekarang.

Setiap blogger pasti pernah mengalami blog sepi, entah itu sepi pengunjung atau sepi komentar, begitupun gue. Waktu awal-awal ngeblog, blog gue sepi banget, komentar tak ada yang nyantol satupun. Saking sepi dan pengin banget ada komentar, gue sempet bikin perjanjian sama temen sekolah gue untuk saling mengkomentari postingan di blog masing-masing. Sampe-sampe gue pernah nulis postingan tentang komentar yang sepi dan nyuruh pengunjung untuk ngomen di blog gue dan yeah, akhirnya ada juga yang kometar, tapi shit! Itu temen gue sendiri yang pake nama orang lain Fakmen!

Blog masih sepi, tak ada satupun komentar yang menepi. Gue masih ngeblog dan masih nyari tau gimana caranya supaya blog rame dan banyak komentar. Tiap hari gue cuma buka blog Benakribo, Diana, Raditya Dika. Kemudian gue tau Irvina dari Bena. Singkat cerita, gue nge-add facebook Vina yang sekarang jadi Ratu Kancut di Kancut Keblenger. Nah, pas vina bikin grup Kancut Keblenger di facebook, gue coba join di komunitas blogger itu yang anggotanya masih seratusan. Yoi, gue bisa dibilang angkatan pertama Kancut Keblenger. Dari sinilah blog gue mulai rame. Mulai ada yang ngunjungin, mulai ada yang ngomentar. Azek. Thanks Kancut!

Dari Kancut Keblenger gue mulai mengenal blogger-blogger keren lainnya, dari sana juga gue mulai makin tahu gimana ngeblog, gimana nulis postingan yang baik dan benar, gimana caranya bisa konsisten ngeblog, dan lain-lain. Dari semua itu, perlahan tulisan gue mulai berubah menuju jalan yang benar. Tapi..

Males ngeblog mulai datang.

Jarang posting.

Beberapa bulan gak posting.

Beberapa bulan gak log-in.

2013 gue mulai berniat untuk serius ngeblog. Gue beli domain http://indrathrw.com pada tanggal 6 November 2013 dengan niat supaya gue punya tanggung jawab sama blog. Karena domain itu dibeli, gue jadi punya acuan biar bisa aktif ngeblog lagi dan gak sia-siain domain yang udah dibeli tadi. Domain itu gue pake buat blog gue yang pake Wordpress, sekarang udah jarang gue update karena gue udah terlanjur betah pake blogger dan udah mulai konsisten ngeblog seminggu sekali dari pertengahan mei yang lalu di blog ini.

Balik lagi ke blog "sebelah"

Postingan di blog "sebelah"bisa dibilang postingan yang tulisannya udah lumayan bener, yaiyalah wong belajar nulisnya di blog yang ini, jadi di blog "sebelah" udah mulai lumayan bener. Khak!

Untuk menguji tulisan, gue mulai coba-coba ikutan lagi lomba blog ke sana ke mari membawa alamat mulai dari lomba blog kecil-kecilan sampe yang gede-gedean. Hasilnya? Belum ada. Mungkin karena tulisan gue masih terlalu biasa aja. Gue menyadari itu. Gue mulai mutusin untuk gak dulu ikutan lomba-lomba blog, gue mau belajar nulis dulu yang bener. Sampe pada suatu ketika, bulan maret lalu gue mulai ikutan lomba kecil-kecilan berupa birthday give away dan dapet juara 2, gue seneng setengah mati. Waktu itu gue belum ngeliat apa hadiahnya, udah bisa jadi pemenang juga udah seneng. Kemudian bulan mei lalu, gue juga ikutan lomba blog yang diadain @UzoneID bersama Telkom, Alhamdulillah.. gue dapet juara pertama. Gue seneng setengah mati. Sebenernya gue ini banci kuis banget, dari twitter juga udah sering banget ikutan dan menang kuis-kuisan, tapi ini beda. Pokoknya gue norak banget lah pas gue dapet pemberitahuan pemenang lomba blognya. Ini prestasi, ini apresiasi. Oh iya, blog yang dipake buat ikutan lomba ngeblog itu blog "sebelah", tapi gak apa-apa, kan yang nulisnya gue-gue juga, iya kan? Hahaha.

Di hari yang sama dengan pengumuman pemenang lomba blog dari @UzoneID, gue dapet email yang berisi sebuah undangan kerjasama dari perusahaan fashion online. Mereka menawarkan untuk kerjasama sama blog gue yang ini, untuk mempromosikan salah satu kategori fashion di website mereka, cek postingan sebelum ini. Kemudian 3 hari setelah itu, gue dapet email dari perusahaan yang sama dengan subject yang sama yaitu undangan kerjasama, tapi untuk yang kali ini dengan blog "sebelah" gue. Yeah, paid post \o/

Gue bener-bener dapet moodboster buat ngeblog, mungkin ini semua berkat ketekunan ngeblog selama ini, dan sekarang gue jadi semacam punya tanggung jawab seperti yang udah gue ceritain di atas.

***

Berhubung blog "sebelah" udah gak pernah gue update dan gak pernah keurus, gue berencana untuk pake domain http://indrathrw.com untuk blog ini. Karena gue mau mulai fokus nulis lagi di sini.

Inti dari tulisan gue di atas yaitu gue cuma mau share pengalaman gue selama ngeblog yang udah hampir 5 tahun ini. Syukur-syukur bisa memotivasi kalian untuk terus semangat ngeblog wahai pembaca setia blog gue ini hehehe. Btw, kalian pernah juga gak ngalamin seperti yang pernah gue alamin di atas selama ngeblog? Yuk mari share di komentar ya bro, sist..

You Might Also Like

39 komentar

  1. blogger lama ternyata, udah 5 taun. :D

    ReplyDelete
  2. Setelah gue baca keseluruhan, kayaknya proses lama blog lu sukses karena labil. Lu udah nulis dari yang jelek ampe yang bener. Itu bener, tapi lo malah kebanyakan gonta ganti template (anggurin tulisan) hingga ganti2 blog. Ya, semoga kali ini lu bener2 konsisten sama blog lo (terutama buat blog yang ini).

    Ini menurut gue lho ya, kalau tanggapan gue salah, jangan dimasukkin dalam hati.

    Semangat ndra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, thank you, Madz..

      Gue mau fokus ngeblog di sini aja :))

      Delete
  3. Salam kenal dari sesama blogger yg udah lebih dari 5 tahun mendedikasikan hidup lewat tulisan, hehehe. Gua mulai ngeblog semenjak tahun 2003 sebenernya, di Friendster, tapi baru tahun 2008-2009 pindah ke Blogspot dan serius ngeblog sampai hari ini =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini nih sesepuh Kancut Keblenger. Om Keppen :D *salim*

      Makasih udah mampir ke sini, ya :))

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeblognya sih. Orangnya masih muda kok :3

      Delete
  5. Semangat blogging lagi, jadi termotivasi :)

    ReplyDelete
  6. Intinya... blog sebelah mungkin memang lebih indah tapi kenangan di blog lama lebih membekas.
    *kibas bulu hidung*

    Jadi nasib blog sebelah gimana tuh?

    Semangat bro! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, bro Angga. Kayaknya gue bakal fokus ngeblog di sini :))

      Makasih udah mampir ke sini, ya :))

      Delete
  7. Replies
    1. Yeaaaah \o/

      Makasih udah mampir ke sini, ya :))

      Delete
  8. wah, 5 taon ya ? berarti anaknya dah 2 ? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini baru mau nambah 1 lagi, wkwk.

      Delete
    2. Heh! Gue seneng bikinnya doang. Seru \o/

      Makasih udah mampir ke sini, ya :))

      Delete
    3. Kagak! Gue pake KB biar 5 tahun sekali

      Delete
  9. Ampun deh gua juga masih suka males buat posting, sedikit sih. Dan kaco nya adalah gua sebener nya punya banyak cabang blog, dan itu pada ga jelas entah kemana, yang jelas gua mulai ngeblog itu dari kelas 2 smp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga sempet punya blog di sana sini. Akhirnya ya terbengkalai juga. Fokusin satu aja susah :))

      Makasih udah mampir ke sini, ya :))

      Delete
  10. kalo gue, waktu awal ngeblog rajin banget.. pas pertengahan hampir sebulan lebih ngga posting. dan pas postig lagi jadi berasa sepi dan harus mulai mengembalikan pembaca ke blog gue haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pernah gue alamin juga, Mb.. Jadi bloggernya sih gampang. Konsistennya yang sulit hehe

      Makasih udah mampir ke sini, ya :))

      Delete
  11. ya bang gue dulu pas kelas 6 SD post blog gue copas semua dan gue gak tau apa maksudnya dan apa untungnya , dan pas kelas 1 SMP gue baru sadar dan gue buat blog presonal dan membeli domain sama seperti abang biar gue gk sia siain itu blog dan sampai sekarang gue masih ngeblog , hampir mirip cerita kita bang !! :v xD

    Salam Tamfan
    adamhasnan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses. Mari dijalani prosesnya :))

      Salam Ganteng Tanpa Serigala

      Makasih udah mampir ke sini, ya :))

      Delete
  12. Gue dulu ngeblog dari 2008 sama kaya lu gak ngerti banget trus sepi banget blognya dan akhirnya sempet berenti haha. Liat postingan lu ini bikin gue semacem termotivasi deh. Semoga blog gue bisa sekeren dan serame blog lu ya. Keep blogging!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yok mari ngeblog kembali! :D

      Makasih udah mampir ke sini, ya :))

      Delete
  13. Replies
    1. Masih muda bro, masih perjaka ting tong

      Makasih udah mampir ke sini, ya :))

      Delete
  14. selamat ya kak dapet Liebster Award dari saya: http://www.catatanpisang.com/2014/06/liebster-award.html

    ReplyDelete
  15. Karena dalam ngeblog males tak dapat dihindari, gue juga pernah malah keseringan ngedit template padahal postingan baru 2 biji, hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kayaknya passion lu ada di editing template. Tapi ya kalo yang namanya blogger gak hanya ngedit template aja, tapi nulis juga.

      Cara ngelawan males mah cuma satu. Lawan. \o/

      Makasih udah mampir. Keep Blogging! ~~~\m/

      Delete
  16. Lika liku yang sangat berliku lika bang.. *netesin air mata*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha yoi. Lika liku laki-laki yang likunya berlika banget.

      Makasih udah mampir. Keep Blogging! ~~~\m/

      Delete
  17. Udah tua, ya...... blognya. Smg yg punya jg gamakin tua. (?) Oh iya, smg sukses juga! XD

    ReplyDelete

Selamat datang di blog gue.. Terima kasih sudah membaca postingan sampai akhir. Silakan komentar tentang postingan di atas. Berilah komentar yang sopan no SARA dan jangan lupa mampir lagi ke sini. Silakan tinggalkan jejak tapi jangan nyepam. Thanks, guys! :D