Hobi dan Pekerjaan - Indra Permana

Monday, March 16, 2015

Hobi dan Pekerjaan

Setelah keluar SMA, gue sudah 3 kali bekerja di tempat dan pekerjaan yang berbeda-beda. Pekerjaan pertama gue adalah menjadi seorang tukang Fotokopi. Pekerjaan itu gue dapet ketika gue sudah mulai masuk kuliah. Cerita lengkapnya bisa dibaca di postingan yang berjudul "Pengalaman Bekerja Menjadi Tukang Fotokopi". Klik aja.

Selama bekerja, gue menemukan banyak hal yang nggak bakalan didapat kalo gue nggak bekerja. Mulai dari bagaimana cara memperlakukan customer, team work, bagaimana menyikapi deadline dan banyak hal lainnya.

Banyak orang yang bilang kalo dunia kerja memang lebih keras dari dunia sekolah dan dunia fantasi. Kenapa demikian? Karena itulah hidup. Tapi banyak juga orang yang bilang kalo dunia kerja itu sangat menyenangkan.


Bagi mereka yang pekerjaannya berawal dari hobi atau dari hal yang mereka senangi, bekerja akan menjadi suatu hal yang menyenangkan, nggak bakal ada beban. Bayangin aja, kita melakukan hal-hal yang kita sukai terus kita dapet duit dari itu. Men, itu surga dunia menurut gue. Nggak bakal ada istilah stres karena pekerjaan kalo kerjaannya kayak gitu mah. Makanya banyak banget orang yang pengin bekerja yang sesuai hobi atau kesenangan. Termasuk gue.

Andai waktu bisa diputar kembali, gue akan menekuni hobi gue dari kecil biar pas gede mungkin bisa jadi pekerjaan gue. Tapi nasi sudah menjadi bubur dan tukang bubur sudah naik haji. Tapi Mak Ijah masih aja belum naik haji. Bukan begitu, Bang Haji?

Ya.

Nah, untuk adek-adek yang masih sekolah atau yang masih belum bekerja, ada baiknya untuk menekuni apa yang disukai sesegera mungkin. Yang seneng musik, teruslah bermusik dan buatlah karya yang keren. Yang seneng menulis, teruslah menulis dan buatlah buku yang bagus. Begitupun yang seneng masak, buatlah menu makanan yang uenak. Percayalah, kalo melakukan suatu hal yang kita sukai, maka akan menggunakan hati, dan sesuatu yang menggunakan hati, hasilnya akan lebih berarti. Gitu.

Buat yang sudah terlanjur bekerja di bidang lain kayak gue, hobi selalu gue jadikan sebagai hiburan untuk melepas penat dari dunia kerja yang nggak gue banget. Jujur, memang ada sedikit beban kalo bekerja di tempat yang nggak sesuai minat. Makanya gue seimbangkan dengan tetap melakukan hobi gue, ya lumayan kan kalo ternyata hobi yang tadinya hanya untuk hiburan, akhirnya menghasilkan. Jadi nggak perlu goyang dumang kalo mau hati senang, pikiran tenang dan galau jadi hilang.

Always do what you love and love what you do.

20 comments:

  1. Pilihnya kerjaan yg dari hobi aja cuy, jadi menyenenangkan ^_^

    ReplyDelete
  2. Pilihannya bekerja karena butuh uangnya sih, kalok aku pribadi.. Tapi mudah-mudahan bisa menyokong hobi ku yang demen traveling :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, sekarang gue juga kayak gitu. Karena udah terlanjur kerja di yang bukan bidangnya, tinggal manfaatkan saja hasilnya untuk mendukung hobi :D

      Delete
    2. Beneeeeer.. Siapa tau memang rejekinya bukan di bidang yang kita sukak.. :D

      Delete
  3. wah betul tu, kerja nga harus selalu jadi karyawan, terkadang dengan hobi aja kita bisa dapat menghasilkan uang,
    nice post bro :-)

    ReplyDelete
  4. Kalo gue sih,, gara2 kuliah salah masuk jurusan gue jadikan hobi gue menjadi uang.. ya sering gitu ngirim2 karya ke media.. lumayan buat jajan haha

    ReplyDelete
  5. menjalani hobi sambil kerja enak juga ya

    ReplyDelete
  6. selalu bersyukur kunci nya bang :D

    walau kerjaan yg kita dapat gak sesuai sama apa yang kita mau, tapi pasti ada sesuatu yang spesial dibalik itu hhe soalnya saya ngalamin sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener juga. Apalagi kalo kita dapet kerjaan yang kita banget dan kita mensyukurinya. Mantep tenan, toh? :D

      Delete
  7. Nah, ini nih... hobi yang kadang sulit untuk menjadi kerjaan (kalo yg gua alamin sih) tapi walau bagaimanapun kalo emng cinta harusnya ya dijadiin pekerjaan biar hidup gk ngerasa dijajah...

    ReplyDelete
  8. Suka denger bercandaan sih dari orang, 'Orang yang menjadikan hobi sebagai pekerjaan, nggak akan punya hobi.' Tapi, namanya juga kata orang dan bercandaan, hehehe. Tapi saya juga bingung dan pengen tau, kalau orang yang jadiin hobinya sebagai kerjaan, kalau lagi penat ngapain? :')
    Kalau hobinya banyak, gimana? :')

    #anaknyaribetbanyaknanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga becandaan. Kalo menurut gue pribadi sih kayaknya nggak bakal nemu penat kalo emang dijalani dengan sepenuh hati #Azeg. Tapi kalo diliat dari orang-orang yang gue ketahui, mereka biasanya melakukan kesenangan mereka yang lain. Ada yang jalan-jalan dulu, makan, atau mungkin tidur.

      Kalo hobinya banyak? Pasti dari salah satu hobinya ada yang bisa jadi pekerjaan yang menghasilkan sekali dari hobi-hobinya yang lain. :D

      Delete
  9. Ngeblog juga salah satu hobi ya mas, yang mungkin bisa menghasilkan kalau ditekuni...

    ReplyDelete
  10. Hobi jadi kerjaan emang asik.. :D

    ReplyDelete
  11. Akhir tahun lalu gue mencoba menjadi Tour Leader, karena emang hobi gue jalan-jalan dan bisa mengenal orang baru. Walaupun gue masih pelajar, dan abang gue juga yang punya bisnis sih :D

    Awalnya emang seru, walaupun banyak yang gak percaya kalau TL nya gue :D
    Tapi, semua yang pake jasa abang gue puas :D

    ReplyDelete
  12. Bekerja berdasarkan hobi. Itu menarik, tapi memilih hobi yang tepatlah yang sulit..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca tulisannya. Silakan beri komentar, berilah komentar yang sopan dan tidak mengandung SARA dan jangan lupa mampir lagi ke sini. Silakan tinggalkan jejak tapi jangan nyepam. Thanks, guys! :D