Pengalaman Menjadi Internet Marketer - Indra Permana

Tuesday, April 28, 2015

Pengalaman Menjadi Internet Marketer

Seperti yang udah gue bahas di postingan sebelum-sebelumnya, selama gue kuliah, gue udah pernah bekerja 3 kali di tempat yang berbeda. Pengalaman pertama gue bekerja udah gue post, dan sekarang lanjut ke pengalaman bekerja gue yang kedua, yaitu menjadi seorang Internet Marketer. Buat yang belum baca pengalaman pertama gue bekerja, bisa baca di postingan yang berjudul "Pengalaman Bekerja Jadi Tukang Fotokopi." Dan buat yang udah, mari lanjut baca postingan yang ini \o/.

Masih di Tahun 2012. Gue mulai bekerja kembali setelah beberapa bulan sempat nganggur. Cari info loker sana-sini tanya sana-sini dan akhirnya dapet juga loker yang gue rasa cocok buat gue. Yak, gue ditawarin kerja jadi internet marketer. Dapet info kerjaan ini dari kenalan yang sempet kerja bareng waktu gue jadi admin blog di @infotasik. Karena beliau tau gue masih sering ngeblog, jadi gue ditawarin kerja di bidang internet marketing di perusahaan temennya yang fokus menjual produk herbal impor dari negara Upin-Ipin.


Buat yang belum tau apa itu internet marketing, gue kasih tau dulu nih dari Wikipedia.

"Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik (bahasa Inggris: Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing) adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet. Huruf 'e' dalam e-marketing ini berarti elektronik yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui jaringan Internet. Dengan terciptanya teknologi Internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan huruf e, seperti halnya: e-mail, e-business, e-gov, e-society, dll."

Jadi intinya, seorang internet marketer adalah seseorang yang memasarkan suatu produk atau jasa melalui internet. Gitu.

Selama gue bekerja, gue mendapatkan banyak pengalaman yang gue rasa sangat bermanfaat buat gue sebagai seorang penggiat internet, terutama ngeblog. Salah satunya adalah pengalaman mengoptimasi sebuah blog atau website biar bisa nongol di pejwan google. Orang-orang biasa nyebut hal demikian dengan sebutan SEO, yaitu kependekan dari Search Engine Optimization yang berarti mengoptimalkan search engine.

SEO bagi para pelaku bisnis di internet udah menjadi keharusan untuk dilakukan, karena dengan cara SEO itulah bisnis mereka bisa jadi berkembang dan maju. Terlebih zaman sekarang ini adalah zamannya google. Apa-apa nyarinya di google; nyari resep ramen green tea, searching di Google. Nyari foto Duo Serigala, searching di Google. Nyari data diri Mantan, searching di Google. Semuanya searching di Google. Makanya para pelaku internet marketing memanfaatkan Google Search itu sendiri biar banyak orang yang sedang mencari "sesuatu" bisa langsung mengunjungi web atau blog-nya doi. Pernah nggak kalian searching obat herbal sakit hati, terus malah masuk ke web atau blog yang berisi artikel cara mengobati penyakit hati atau hepatitis herbal? Nah begitulah kira-kira hasil dari SEO.

Oke, balik lagi ke pengalaman gue.

Mengoptimasi web atau blog itu susah-susah-nggak-gampang. Membutuhkan konsistensi dan ketekunan yang lebih untuk mencapai target. Kalo nggak ngelakuin dua hal tadi, yasalam. Gue aja naikin satu web bisa nyampe 1 bulan, itu pun dengan mengikuti berbagai cara yang dikasih dari leader yang belajar khusus dari pakarnya. FYI aja, kursusnya mahal, mending dipake buat modal buka kedai kuaci.

Layaknya PDKT, mengoptimasi web atau blog juga butuh proses. Nggak bakal langsung jadian gitu aja, nggak bisa langsung nongkrong di pejwan google gitu aja. Harus penuh perhitungan dan telaten. Posting satu artikel aja ada triknya. Harus riset keyword dulu, gambar harus menarik dan banyak hal-hal lainnya. Promosi postingan baru juga ada caranya. Ribet sih, tapi tetep harus dijalanin kalo mau nongkrong di perjwan Google.

Buat para blogger, pekerjaan seperti ini sangat seru dan menunjang sekali untuk ke depannya. Nggak bakalan ngerasa beban juga selama bekerja, karena kita melakukan sesuatu yang disenangi. Begitupun gue, gue merasa enjoy aja gitu kayak tagline merk rokok.

Selama gue bekerja menjadi internet marketer, selain ilmu tentang internet gue jadi bertambah, berat badan gue juga bertambah. Karena selama kerja di sana, gue dan temen-temen sepekerjaan disedain fasilitas rumah yang nyaman, internet yang lumayan kenceng dan si bibi yang selalu masak tepat waktu. Jadi gue bisa makan dengan teratur. Selain itu, selama gue bekerja menjadi internet marketer, gue jadi rutin berolahraga, entah itu lari (dari kenyataan) atau hanya sekedar berenang. Ya supaya gerak aja, kan yang namanya kerja di depan komputer mah cuma duduk manis dan nggak banyak gerak kayak senam poco-poco. Hoho.

In the end of this post, gue cuma mau bilang kalo nyari kerja itu enaknya sesuai minat dan kesenangan, biar kita enjoy jalanin pekerjaan kita. Jadi secara nggak langsung, kita dibayar untuk bersenang-senang. Segitu dulu cerita tentang pengalaman gue selama bekerja menjadi Internet Marketer. Ada yang pernah kerja kayak gini juga nggak? Hehehe

Jangan lupa like fanspage dan follow blog ini, ya cuy! Klik like dan follow di sidebar. Biar bisa langsung tau kalo ada postingan terbaru di blog ini. Setiap ada tulisan baru, selalu gue share ke fanspage facebook, atau bisa subscribe via email di form paling bawah sebelah kanan. Thanks! :D

28 comments:

  1. sharing dong ilmu-ilmu SEO nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya nggak mau sharing, SEO itu kan caranya pasti beda-beda. Dan sekarang gue nggak tau nih gimana algoritma Google.

      Delete
  2. Keren gan pengalamannya, good experience (y)
    Visit blog saya yahh ;)

    http://www.vickorafsanjani.com/2015/04/tentang-korea-selatan-dan-tips-sekolah.html

    ReplyDelete
  3. lagi ngehits loh internet marketer dan sosial media marketing ini, banyak vendor yang hire frelancer untuk pekerjaan seperti ini.
    Makasih ilmunya, kali aja aku ketiba jadi internet marketing, kan bisa belajar dari mas indra :D

    ReplyDelete
  4. Di Tasik ya?

    Kayaknya ini tempat yang sama dimana gue juga pernah jadi internet marketer di tempat itu. Seru. But I hate the rules.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi.

      Kayaknya beda, deh. Gue kerja di tempat yang bener-bener baru dan owner yang baru juga. hehehe. Bukan sama orang yang udah lama berkecimpung di bidang internet marketing di Tasik itu hehe

      Delete
  5. Ya, kalo kerjanya dibikin seneng, sekalipun banyak tantangan tetep aja bisa dijalanin tanpa beban yang serasa numpuk. Semoga saya juga bisa mendapatkan hal yang sama, bukan berarti juga internet marketer, tapi bisa kerja dengan nyaman karena emang seneng ngejalaninnya.

    ReplyDelete
  6. Sampai sekarang saya masih gak ngeh penggunaan SEO itu gimana. Maksudnya saya udah paham banget sama arti SEO itu. Tapi saya gak ngerti caranya gimana. Bingung keywordnya taruh di mana sih? Maklum, orang gaptek lagi belajar jadi orang modern hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehehe nah, caranya itu yang sulit.

      Delete
  7. Cuma baca '@infotasik' doang bawaannya kangen Tasik.
    Huft.

    ReplyDelete
  8. kasihan ya gue, dimana-mana nglihat tulisan SEO tapi nggak ngerti apapun *duka
    slm kenal bang, followed ya blognya :)

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. AYO! Modalin dong 500 Juta Poundsterling :p

      Delete
  10. kita sedang berada di zaman marketing tidak lagi dilakukan dari rumah-kerumah...
    tapi di setiap rumah yang ada komputernya... pengen juga belajar SEO, tapi memang ribet ya...

    ReplyDelete
  11. Coba agan berbaik hati sini ajarin SEO nya :D

    ReplyDelete
  12. Gue belum bisa kayak gini, nih. Hahaha.

    Keren. Cari duit. Semangat kerjanya, ya. ._.

    ReplyDelete
  13. pak, internet marketer ngga hanya soal SEO & SEM, masih ada soal branding, customer care, leads, infrastruktur, social ads, strateginya, humas-nya, just info aja, kebanyakan orang tau kulitnya doang, tapi salut, ente udah jago ajib soal SEO, nanti bisa lah bagi pengalaman kerja lainnya, saya lebih suka yang tukang fotokopi :D

    ReplyDelete
  14. Terima kasih postingannya Gan, Mantabs pengalamannya bisa menjadi inspirasi untuk semua , saya pribadi khususnya

    ReplyDelete
  15. kebetulan, minggu ini dapet pangilan kerja jadi internet marketer, jadi mampir blog ini, dan baca pengalamannya. wah seru juga yaa kayaknya. heheee.

    kerjaan sebelumnya jadi admin media sosial. kira-kira itu sama apa beda sih? atau kalo udah terbiasa jadi admin bakal cepet ngerti dan ga terlalu sulit kok? apa gitu yaa?

    terimakasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  16. gak ada lowongan apa di temapat agan?

    ReplyDelete
  17. Menarik pengalamannya ;) jadi penasaran pengen tau #kepo

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca tulisannya. Silakan beri komentar, berilah komentar yang sopan dan tidak mengandung SARA dan jangan lupa mampir lagi ke sini. Silakan tinggalkan jejak tapi jangan nyepam. Thanks, guys! :D