Yang Bakalan Rame di Bulan Ramadhan - Indra Permana

Saturday, June 20, 2015

Yang Bakalan Rame di Bulan Ramadhan

Marhaban Yaa Ramadhan..

Nggak kerasa, sekarang udah bulan puasa lagi. Padahal baru setahun yang lalu gue meninggalkan bulan puasa, eh sekarang udah puasa lagi. Gimana kabarnya, sehat? Perutnya gimana, lapar? Yak sama. Hehehe. Maap kalo gue rese, namanya juga lagi lapar. Hehehe lagi.

Berhubung sekarang udah memasuki bulan Ramadhan, postingan yang satu ini pastinya bakalan berbau ketek anoa Ramadhan juga pastinya. Mengawali bulan puasa kali ini, gue mau bahas tentang beberapa hal yang bakalan rame di bulan Ramadhan. Berikut ini adalah 7 hal yang bakalan rame di bulan Ramadhan versi On The Brot, yok cekidot!

1. Mesjid
Di Awal-awal ramadhan, mesjid bakalan rame sama jemaah. Mungkin karena masih pada semangat dan antusias menyambut datangnya bulan paling mulia diantara bulan-bulan lainnya. Mesjid-mesjid bakal lebih penuh dari biasanya. Apalagi pas shalat sunat tarawih. Gue aja pas awal shalat tarawih kemaren kebagian di pinggir jalan. Berbeda dengan hari-hari di bulan lain yang nggak serame saat bulan ramadhan.

2. Pasar
Pasar adalah tempat kedua yang akan rame setelah mesjid. Karena pasar adalah salah satu tempat buruan para ibu-ibu yang akan masak untuk hidangan berbuka puasa dan sahur. Biasanya pasar akan rame dari siang sampe sore hari.

3. Jalanan
Wah, kalo yang ini sudah dipastikan akan rame di bulan ramadhan. Kalo nggak percaya, coba aja keluar rumah, naik kendaraan dan pergi ke jalanan. Kalian akan menemukan berbagai macam merek dan bentuk kendaraan. Cocok banget nih buat yang mau beli dan masih nyari kendaraan yang pas buat lebaran nanti. Tinggal pilih-pilih aja sesuai selera.

Sore hari adalah puncak keramaian di jalanan. Jangan harap bisa jalan dengan lancar-lancar aja. Kalo mau lancar tanpa hambatan, coba aja jalannya di jalan tol atau di jalur kereta, tapi kayaknya nggak bakal seru deh, soalnya kan di sana nggak bakal ada yang jualan kolak pisang. Hmm.. Penyebab dari rame dan macetnya jalanan di bulan Ramadhan ini tidak lain dan tidak bukan karena banyak manusia yang ngabuburit untuk sekedar jalan-jalan atau beli takjil di pinggir jalan.

4. Petasan
Yang ini kayaknya udah jadi tradisi turun temurun dan naik temaik dari zaman dulu. Dari zaman gue masih jadi embrio, petasan emang udah sering rame dibunyiin di bulan Ramadhan, bukan di bunyiin sih, lebih tepatnya diledakin. Sampe sekarang si petasan masih meledak aja di mana-mana walau kayaknya makin ke sini makin jarang yang ngeledakin petasan. Mungkin karena udah dilarang dan udah banyak dirazia kayaknya. Lagian nggak usah, lah. Nenek bilang itu berbahaya. Mendingan stalking gebetan aja. Lebih safety, tapi sakit di hati. Yaelah malah baper.

5. Grup Alumni
Nah ini nih. Ini yang nggak bakal kalah ramenya dari empat poin di atas. Buat kalian yang jenjang sekolahnya udah tinggi, atau udah mulai berumur, siapkan diri kalian untuk menghadapi banyaknya undangan dari alumni di tiap jenjang pendidikan. Siapin dompetnya juga jangan lupa. Karena mereka biasanya bakalan ngadain BukBer sekalian alumnian kecil-kecilan. Ya intinya sih silaturahmi gitu.

Biasanya ajang ini sangat ditunggu-tunggu sama orang yang pernah cinlok di sekolah. Nggak sedikit loh orang yang CLBK karena ngeliat mantannya yang sekarang jadi jauh lebih cakep daripada waktu pacaran di sekolah dulu. Tapi, banyak juga yang patah hati. Biasanya karena udah ngarep banget bisa balikan, eh dianya malah udah punya lagi atau bahkan udah beranak dua. Hahaha.

Notifikasi di henpon pasti bakal sering bunyi dan chat grup bakal jadi rame. Bener, kan?

6. Tempat Makan
Ada yang pernah jadi panitia bukber? Gimana, sempet pusing nggak nyari tempat buat bukber yang masih kosong? Gue pernah sih.

Yo, yang bakalan rame di bulan Ramadhan selanjutnya adalah tempat makan. Poin yang ini nyambung sama poin sebelumnya. Dimana semakin banyak grup alumni yang mengadakan bukber, maka akan semakin rame lah tempat-tempat makan. Selain grup alumni, beberapa komunitas dan fans club biasanya juga suka ngadain bukber. Makin rame dah pasti. Biasanya akan makin memuncak ramenya di minggu terakhir Ramadhan.

7. Mall
Ini udah hukum alam kayaknya. Mall akan penuh dengan manusia yang berniat beli baju lebaran. Padahal mereka beli bajunya pas puasa. Berarti baju puasa dong harusnya, bukan baju lebaran. Iya bebas lah ndra, terserah lu.

Ramenya suatu Mall di bulan Ramadhan akan berbanding lurus dengan tingginya diskon di Mall tersebut. Semakin tinggi diskon Mall tersebut, maka akan semakin rame. Tapi sayangnya, hal ini dapat menyebabkan mesjid jadi sepi. Duh, dek aim jadi sedih.

...

Nah, that is all yang bakalan rame di bulan Ramadhan versi On The Brot kali ini. Kalo ada yang kurang, ada yang salah atau ada unek-unek yang ingin disampaikan, silakan komen postingan ini di kolom komentar ya, guys!

Jangan lupa share postingannya ke temen-temen yang lain, ya. Jangan lupa juga like fanspage dan follow blog ini dengan cara klik like dan follow yang ada di sidebar. Biar bisa langsung tau kalo ada postingan terbaru dari blog ini. Setiap ada postingan baru bakal gue share juga ke fanspage di facebook. Kalian juga bisa berlangganan postingan blog gue ini via email di form paling bawah sebelah kanan. Thanks udah mampir dan jangan bosen mampir lagi ke mari :D

23 comments:

  1. Nomor 5 sama 6 barusan gue alami bang. Baru tadi siang bagi raport, maghribnya langsung cus bukber, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eit sama juga bang, tapi beda tempat dan beda warna kayaknya

      Delete
  2. Hal-hal seperti itu yang sangat dirindukan saat bulan Ramadhan tiba.

    ReplyDelete
  3. selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan broo..semoga puasa kita diterima Allah SWT..aamiin..salam

    ReplyDelete
  4. Nambahin bro, selain itu, Alun-alun kota juga bakalan rame, karena banyak yang nongkrong ganteng/cantik disana :D

    ReplyDelete
  5. dan yang paling dirindukan saat bulan ramadhan tiba adalah. KEMBALIKAN JADWAL MAKAN SIANG KUUUU

    ReplyDelete
  6. Kalo di socmed sekarang rame juga masalah posting quote" ramadhan kang. Lebih massive daripada dulu. Terus ada juga promo-promo provider telepon selular dan travel. Pokoknya banyak promo deh kalo pas lagi ramadhan kayak begini.

    Yang paling asik nih ya diskon tuh, cari-cari baju apa celana yang diskonannya agak banyakan. Mayan buat ngirit kantong. Ngomong-ngomong nih foto-foto diatas nggak dikasih sumber kang? Thanks

    ReplyDelete
  7. Di jalanan rumah gue, rumah nenek gue, sepi sepi banget tuh. Padahal jalanan perbatasan Bandung. Kenapa ya?
    Ramenya pas mudik.... dan kalau lagi lebaran mah malah tambah sepi haha.

    Kalau gue udah jarang ke masjid, lagian cewek lebih baik di rumah, kan. Gimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan di perbatasan kota mah kegedean. Serem juga kalo mau jualan takjil dan ngabuburit juga nggak asik. Paling cuma liat kendaraan lewat. Kalo di kampung gue mah jalanan kecilnya masih banyak, kendaraan masih sedikit dan masih banyak yang jualan takjil di pinggir jalan. Jadi seru dan otomatis rame.

      Yoi. Ya nggak gimana-gimana sih. Emang gimananya, gimana?

      Delete
  8. Kalo gue sih gak kemana-mana, untung lagi libur jadi gak usah ngapa_ngapain deh. Jadi gak mudah haus, paling laper aja

    ReplyDelete
  9. ditempat gue ramadhan tahun ini juga rame, banyak orang yang jalan-jalan sore sambil nyari takjil

    yang nomor 5 tu, gue juga banyak dapat undangan dari grup alumni

    ReplyDelete
  10. wah bro, ada satu tempat lagi yang (mungkin) tidak terpikir, yaitu KUBURAN!!
    sebelum dan sesudah bulan puasa bakal ramai di datengin kita-kita, untuk nyekar dan silaturahim ke yang bersangkutan. anyway tempat favoritnya dimana??

    ReplyDelete
  11. Ada lagi bro, di parkiran bro,pasti rame tuh apalagi deket2 mau buka.

    ReplyDelete
  12. Kapok pulang kerja jam 3. Jalanan udah macet! Untung masih bujang jadi bisa nunggu buka di kantor. Gimana rasanya itu yang udah berkeluarga...

    ReplyDelete
  13. Hahaha group alumni

    BENER BANGET

    rame kalo mau bukber doang

    ReplyDelete
  14. bulan ramadhan yang paling rame kalo pas sore2 banyak orang yang ngabuburit di jalan cari makanan buat buka puasa

    ReplyDelete
  15. Tentang masjid, masjid emang rame pas awal-awal ramadhan. Tapi makin ke tengah, apalagi ramadhan udah mau habis. Beuh safnya berkurang drastis..

    ReplyDelete
  16. 'Grup Alumni' duh bener banget tuh, banyak banget ajakan bukber kelas lah, bukber angkatan lah, bukber ekskul lah, bukber organisasi.. segala macem! Abis lah duit gue :'v

    ReplyDelete
  17. Sumpah awalnya gue baca "pasar" jadi "pacar"..
    Mampir balik ya! Ke jevonlevin.com

    ReplyDelete
  18. 8. Warkop (di Aceh sih, di luar ga tau).
    Di sini tuh, walaupun sebelum puasa warkop emang dasarnya udah pada rame, tapi begitu puasa...boom! Kalo telat datang setelah tarawih, langsung deh ga ada meja kosong.

    Kenapa? Karena banyak yang mudik! Yang kuliah atau udah tinggal di luar Aceh pada pulang semua. Jadinya gitu. Warkop populer yang kopinya mantap, bakalan diserbu begitu tarawih selesai (bahkan pas lagi tarawih sendiri, walaupun pintu warkopnya tertutup, diam-diam udah ada yang nongkrong duluan di dalem).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya. Ini juga harusnya masuk. Di sini belum ada warung kopi yang sekumplit atau seenak kopi-kopi lain. Aceh pasti terkenal dengan kopi aceh gayo-nya. Enak juga sih itu kopinya btw. hehehe.. Btw, kalo diliat-liat, di Aceh, Belitung sama kota-kota lainnya di sumatera itu kayaknya emang udah punya budaya untuk ngumpul dan ngopi bareng gitu, ya? seru tuh kayaknya. Hehehe

      Delete
  19. perut juga bakalan rame loh, kalo siang hari :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca tulisannya. Silakan beri komentar, berilah komentar yang sopan dan tidak mengandung SARA dan jangan lupa mampir lagi ke sini. Silakan tinggalkan jejak tapi jangan nyepam. Thanks, guys! :D