Volume Control iPhone Menghilang

Friday, August 21, 2015

Beberapa bulan kemarin gue kena masalah (lagi) dengan iPhone gue yang gue beli di grup forum jual beli di facebook. Gue beli second sih, jadi ngerasa wajar aja kalo bakal ada beberapa masalah yang bakal terjadi sama iPhone ini.

Gue udah sering banget dibikin panik sama smartphone dengan merek yang satu ini. Gue jadi inget waktu pertama kali make iPhone itu iPhone CDMA. Baru juga pertama kali punya iPhone, eh udah dapet masalah aja. Masalah itu terjadi ketika gue mau jual iPhone CDMA gue. Cerita lengkapnya bisa dibaca di postingan yang berjudul "Jual Beli Handphone yang Bikin Panik (include: Cara Mudah Inject Ulang iPhone 4 CDMA Smartfren Verizon)". Monggo dibaca, ada tips juga di dalamnya.

Harusnya di bawah tombol play ada voulme control.

Setelah masalah di iPhone pertama kelar dengan solusi yang amat sangat mudah sekali banget pisan, muncul lagi masalah ke-dua di iPhone yang ke-dua yaitu Hilangnya Volume Control. Hore.
Ini kali pertama (juga) gue punya masalah yang aneh kayak gini dan masalah ini sukses bikin gue jadi sedikit panik, karena masalah yang ini menyebabkan beberapa fungsi di iPhone jadi nggak bisa digunain, kayak muter musik, muter video atau beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan suara. Penyebabnya sih gue nggak tau jelas kenapa. Feeling gue sih karena gue nge-restore iPhone gue yang udah dijailbreak dari pas gue beli.

Awalnya gue kira speakernya rusak. Tapi ternyata nggak, karena pas coba ditelpon, suaranya berdering normal aja kayak biasa. Oke, berarti bukan karena speakernya yang rusak.

Setelah gue nanya di forum group facebook sampe ke googling, jawabannya rata-rata sama. Bersihin dock connector, itu tuh lubang yang buat nge-charge. Bersihin lubang itu pake sikat gigi + alkohol 70%. Sangat tidak disarankan dibersihkan dengan menggunakan ciu. Jangan, ya. Iya.

Loh, kok malah ngebersihin dock charger? Loh kok pake sikat gigi sama alkohol? Gue juga nggak ngerti, dan gue juga nggak langsung percaya gitu aja. Ini kok aneh banget. Karena gue belum percaya, gue coba cari tahu ke mana-mana dan ternyata rata-rata semua jawabannya sama. Oke, tanpa pikir panjang lagi, gue langsung coba praktekin.

Sikat gigi itu gue celupin ke alkohol yang udah gue tuangin ke wadah kecil. Kemudian gue colokin ke dock-nya dan digosok perlahan. Pastikan iPhone-nya dalam keadaan mati, ya. Kalo hidup, nanti dia geli. Hahaha garing abis. Oke, dua puluh kali gosokan lembut kayaknya udah cukup. Gue coba nyalain itu iPhone. Hasilnya tetep aja masih nggak ada. Mungkin gue nggak seberuntung orang lain yang langsung berhasil. Karena memang nggak semua orang bisa langsung berhasil.

Setelah gue menyelidiki lebih dalam, ternyata ini semacam adu keberuntungan. Ada yang emang dibersihin pake sikat gigi dan alkohol langsung berhasil, ada yang pake kertas yang dilipat berlapis, sampe ada yang didiemin seminggu nggak dipake sama sekali yang kemudian malah muncul lagi dengan sendirinya. Gue makin hopeless aja waktu itu.

Karena udah ngerasa males dan bodo-amat, gue berniat mau jual aja itu iPhone dengan keadaan minus kayak gitu. Gapapa deh gue jual rugi aja. Gue coba tawarin ke temen dulu, sebelum ke forum FJB, biar nggak terlalu ribet transaksinya dan biar bisa cek langsung barangnya.

Guess what happened? Nada dering notifikasi BBM berbunyi. Buset, waktu itu gue seneng banget denger bunyi nada BBM walalu isinya cuma BC nggak penting, tapi gue bahagia. Lebih bahagia daripada denger suara Maudy Ayunda yang bilang "Aku sayang kamu." ke gue. Oh ternyata keberuntungan gue ada di keberuntungan terakhir. Akhirnya, volume control gue kembali normal dan gue jadi bisa jual iPhone itu dengan harga normal.

Menurut gue, iPhone ini adalah smartphone satu-satunya yang punya penyakit aneh. Entah ini hanya berlaku hanya untuk model lama atau nggak. Tapi walaupun begitu, iPhone ini tetep keren. Hehehe. Btw, diantara kalian ada yang pernah mengalami masalah yang sama, atau pernah jengkel dengan handphone yang sering banget diservis daripada dipakenya? Silakan curhat di kolom komentar.. See you next post, guys! :D

Jangan lupa share postingannya ke temen-temen yang lain, ya. Jangan lupa juga like fanspage dan follow blog ini dengan cara klik like dan follow yang ada di sidebar. Biar bisa langsung tau kalo ada postingan terbaru dari blog ini. Setiap ada postingan baru bakal gue share juga ke fanspage di facebook. Kalian juga bisa berlangganan postingan blog gue ini via email di form paling bawah sebelah kanan. Thanks udah mampir dan jangan bosen mampir lagi ke mari :D

You Might Also Like

2 komentar

Selamat datang di blog gue.. Terima kasih sudah membaca postingan sampai akhir. Silakan komentar tentang postingan di atas. Berilah komentar yang sopan no SARA dan jangan lupa mampir lagi ke sini. Silakan tinggalkan jejak tapi jangan nyepam. Thanks, guys! :D