Ujang, Kokom dan Tips Blanja Aman - Indra Permana

Monday, September 14, 2015

Ujang, Kokom dan Tips Blanja Aman

Once upon a time hiduplah seorang pria bujang bernama Ujang. Dia adalah anak tunggal dari tiga bersaudara. Si Ujang ini ingin mengejar impiannya yaitu pengin punya istri di perkotaan,  biar seperti cerita-cerita yang ada di ftv, katanya. Maka dari itu, si Ujang sudah berniat untuk merantau ke kota untuk mengejar impiannya itu.

Singkat cerita, si Ujang ini pergi ke Kota Metropolitan, Jakarta, dengan pembekalan yang serba dadakan dan seadanya. Sampai suatu saat, dia pengin membeli sesuatu yang dibutuhin, tapi nggak tau harus beli ke mana dan di mana, karena dia masih buta wilayah Jakarta. Temen kontrakannya, Kokom, menyarankan si Ujang untuk belanja online aja di internet biar lebih praktis. Dengan polosnya si Ujang mengiyakan saran si Kokom.


Seketika setelah si Kokom nyaranin kayak gitu, si Ujang buru-buru pergi ke Warnet untuk nyari Toko Online yang murah untuk membeli barang yang lagi dicarinya. Sudah hampir sejam si Ujang browsing barang-barang yang lagi dicarinya di google, tak lama kemudian si Ujang menemukan toko online yang pas dengan harga yang murah. Tanpa berpikir panjang, si Ujang langsung melakukan transaksinya untuk membeli barang tersebut di Toko Online yang ditemukannya itu.

Besoknya si Ujang cerita sama si Kokom kalo dia udah nemu Toko Online yang menjual barang yang lagi dicarinya di internet.

Kokom: "Eh gimana, udah nemu barangnya?"
Ujang: "Udah dong. Gue dapet harga murah banget."
Kokom: "Wah? Beli di mana?"
Ujang: "Gatau lupa nama Toko Online nya apa. Yang jelas dia bilang nanti akan dikirim barangnya."
Kokom: "Oh udah transfer uangnya?"
Ujang: "Udah kemaren, langsung."
Kokom: "Terus kapan nyampe barangnya?"
Ujang: "Katanya sih tiga harian."
Kokom: "Oh yaudah, tunggu aja."

Seminggu berlalu, barang yang dipesan si Ujang tak kunjung datang. Si Ujang mulai cemas karena takut barangnya nggak dikirim. Kecemasannya bertambah ketika si Ujang tau kalo nomer hape si penjual nggak bisa dihubungi. Dari situ, Si Ujang baru sadar kalo dia merasa tertipu.

Nah, belajar dari pengalam cerita si Ujang di atas, Kita memang jangan terlalu menyimpan kepercayaan sama Toko Online yang masih belum jelas asal-usulnya sama reputasinya. Belum lagi sekarang-sekarang ini Toko Online itu sudah sangat banyak, mulai dari Toko Online perorangan sampai ke perusahaan gedean. Jadi harus lebih selektif.

Ngomongin tentang belanja online yang aman, gue jadi inget situs blanja.com. Kenapa aman? Karena di blanja.com ini mempunyai aturan yang ketat untuk menjadi seller di situsnya. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi si pembeli. Oke, sebelum membahasnya, gue mau nyoba jelasin dulu apa itu blanja.com.


Blanja.com merupakan situs marketplace yang dibuat dari hasil kolaborasi antara eBay dan Telkom Indonesia. Seperti yang pernah diceritakan oleh salah satu situs media startup Indonesia, blanja.com ini adalah eBay yang sedang nyamar di Indonesia. Walah-walah, ini bukan main-main. Coba aja perhatiin di bawah logo situs blanja.com terdapat logo eBay yang notabene sebagai situs marketplace kelas dunia, ditambah lagi dengan Telkom Indonesia yang juga merupakan pelopor telekomunikasi di Indonesia. Sedap.

Dari segi tempilan, situs blanja.com udah eye-catchy banget, jadi enak dan nyaman dipandang. Selain itu, navigasi dan semua yang ditampilkan di halaman depan memudahkan kita sebagai calon pembeli menemukan barang yang lagi dicari.

Usut punya usut, yang diperbolehkan membuka lapak di blanja.com ini hanyalah toko online yang sudah memiliki izin usaha dari pemerintah Indonesia saja. Selain itu ada beberapa peraturan lainnya yang harus dipenuhi oleh penjual yang akan membuka lapak di blanja.com. Hal ini ditujukan supaya nggak ada lagi istilah tipu-menipu. Jadi buat kalian yang baru mulai mencoba belanja secara online, nggak bakalan ada rasa ragu lagi. Gitu.

Untuk mulai berbelanja, kita diharuskan untuk mendaftar menjadi membernya terlebih dahulu yaitu buat akun blanja.com atau bisa langsung daftar dengan menggunakan akun facebook kalian. Oh iya, kalo pake akun facebook, kalian nggak perlu repot lagi ngisi data karena sudah disesuaikan dengan data facebook kalian.

Untuk metode pembayaran di blanja.com, selain menggunakan metode pembayaran melalui bank seperti biasanya, blanja.com juga support metode pembayaran COD (Cash on Delviery), jadi kita bisa bayar langsung ketika kita udah dapet barangnya. Makin aman aja nih.

Nah, kira-kira seperti itulah blanja.com. Jadi gimana masih ragu belanja di blanja.com? Udah ada barang yang pengin dibeli di blanja.com belum? Kalo belum, buruan kunjungi webnya.. Hehehe.

Btw, kalian pernah belanja online juga nggak sih? Gimana kesannya pas pertama kali nyobain belanja online? Deg-degan karena takut ditipu apa gimana? Share di kolom komentar ya, guys..

Jangan lupa share postingannya ke temen-temen yang lain, ya. Jangan lupa juga like fanspage dan follow blog ini dengan cara klik like dan follow yang ada di sidebar. Biar bisa langsung tau kalo ada postingan terbaru dari blog ini. Setiap ada postingan baru bakal gue share juga ke fanspage di facebook. Kalian juga bisa berlangganan postingan blog gue ini via email di form paling bawah sebelah kanan. Thanks udah mampir dan jangan bosen mampir lagi ke mari :D

2 comments:

  1. dulu pake rekber bisa dijamin aman namun semenjak kasus sama rekber ternama yang ngetop di kaskus itu jadi was2 juga kalo pake rekber... belanja di e-commerce site sejenis Blanja.com mungkin jadi solusinya...

    PROMO BONUS DEPOSIT AWAL 10%

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca tulisannya. Silakan beri komentar, berilah komentar yang sopan dan tidak mengandung SARA dan jangan lupa mampir lagi ke sini. Silakan tinggalkan jejak tapi jangan nyepam. Thanks, guys! :D