July 2015 - Indra Permana

Saturday, July 18, 2015

Puasa, CLBK, Lebaran dan Liburan

Saturday, July 18, 2015 21
Puasa, CLBK, Lebaran dan Liburan
Halo.. Selamat hari raya idul fitri bagi yang merayakan. Maap lahir batin, ya..

Postingan kali ini gue mau ngobrol-ngobrol santai aja. Itung-itung pemanasan setelah hampir dua minggu nggak nulis di sini. Sekalian peregangan otot perut juga yang udah lama kempis karena puasa, sekarang ngembang lagi setelah lebaran. Hobah.

Gimana puasa kemaren? Pada lancar nggak? Atau masih ada bolong-bolong kayak sundel?

Ngomongin soal puasa kemaren, gue ngerasa kalo puasa tahun ini adalah puasa paling berat buat gue. Selain harus menahan rasa baper ketemu mantan pas bukber, gue juga harus menahan rasa capek dan haus karena bekerja. Ya walaupun sebenernya ini bukan kali pertama gue bekerja di bulan puasa. Tapi tahun ini rasanya berat banget, mungkin karena sekarang kerjanya jadi lebih banyak membutuhkan tenaga daripada kerjaan tahun-tahun lalu. Untung gue strong, jadi bisa melewati semua halang rintang dengan mudah. Hobah.

Gue pribadi seneng banget dengan adanya bulan ramadhan. Karena silaturahmi dan kebersamaan bisa dibangun kental sekali di bulan ramadhan. Apalagi dengan adanya kegiatan semacam bukber. Lumayan jadi wadah silaturahmi dengan temen-temen lama, mantan pacar, mantan gebetan, sama mantan hampir-jadi-gebetan. Semuanya bisa berkumpul dalam satu kegiatan.

Bukber juga bisa jadi ajang pencarian jodoh juga kan, karena nggak menutup kemungkinan terjadi CLBK; Cinta Lama Belum Kelar, atau mungkin bisa jadi ajang saling meluluhkan hati mantan gebetan karena sekarang lu jadi jauh lebih cakep daripada waktu dulu. Hobah.

Tapi sekarang kita sudah melewati bulan ramadhan dengan diakhiri oleh hari raya idul fitri. Minal aidzin wal faidzin (lagi) buat semua pembaca setia band blog gue. Mohon nafkah lahir batin, ya. Selamat liburan juga bagi yang menjalankan, yang nggak menjalankan, baca-baca blog gue aja udah.

Oh iya, buat yang udah sering maen ke sini pasti udah nggak asing lagi sama postingan gue yang bahas tentang teknologi gitu kan, iya karena sekarang di blog gue ada topik baru, yaitu teknologi. Jadi gue bakalan bahas tentang sesuatu yang berbau teknologi kayak gadget, internet, tips dan hal-hal terkait lainnya. Dari dulu gue emang seneng banget sama teknologi, jadi apa salahnya gue berbagi sesuatu juga sama kalian. Hehehe.

Udah, ah. Selamat lebaran. Selamat Liburan.

Jangan lupa share postingannya ke temen-temen yang lain, ya. Jangan lupa juga like fanspage dan follow blog ini dengan cara klik like dan follow yang ada di sidebar. Biar bisa langsung tau kalo ada postingan terbaru dari blog ini. Setiap ada postingan baru bakal gue share juga ke fanspage di facebook. Kalian juga bisa berlangganan postingan blog gue ini via email di form paling bawah sebelah kanan. Thanks udah mampir dan jangan bosen mampir lagi ke mari :D



image by: silverjow

Sunday, July 5, 2015

Dubsmash: Media Sosial Yang Lagi Heboh

Sunday, July 05, 2015 12
Dubsmash: Media Sosial Yang Lagi Heboh
Sebagai anak yang kekinian, gue selalu mengikuti trend apa yang lagi happening. Kayak tahun kemaren yang mulai rame bikin video-video di instagram, gue sempet pernah bikin video-video juga di instagram dari awal-awal, tapi nggak begitu fokus dan continue sampe sekarang. Ya karena ada beberapa faktor lain. Niatnya bukan karena ikut-ikutan doang sebenernya, tapi ya karena lumayan kan mengasah kreatifitas biar terus bisa berkarya di bidang apapun itu, termasuk shooting sama ngedit-ngedit video gitu buat di instagram.

Ngomongin soal media sosial yang berbasis video, beberapa bulan terakhir ini lagi happening banget nih media sosial yang satu ini. Buat yang ngikutin banget, pasti bisa langsung nebak sosial media apa yang dimaksud. Ciri-cirinya yaitu bisa mengisi suara. Yak, betul betul betul, Dubsmash. Wong udah ada di judul. Oke, gue. Bego.

Media sosial yang satu ini lagi happening banget beberapa bulan terakhir ini. Ada lagi sih satu akun sosial media yang kayaknya bakalan happening juga. Namanya Periscope, ada yang udah punya akunnya? Periscope ini kayaknya baru sebagian orang aja nih yang udah tau dan udah bikin akunnya. Next posting gue bakal bahas Periscope. Balik lagi ke topik hidayat utama, Dubsmash. 


Dubsmash ini merupakan salah satu sosial media yang berbasis video yang diperuntukan bagi para pengguna smartphone, ya mirip-mirip Vine gitu kurang lebih. Bedanya, Dubsmash ini hanya berupa dubbing. Cara mainnya gampang banget, ini gue ambil cara mainnya dari situs resmi Dubsmash:

  1. Menemukan suara favorit Anda di Dubsmash mudah! Anda dapat menemukan suara dengan browsing melalui kategori Soundboard atau Anda dapat menemukan suara tertentu dengan menggunakan fungsi pencarian kami.
  2. Setelah Anda puas dengan suara yang dipilih, klik saja untuk memulai Dubbing. Biarkan imajinasi Anda mengambil alih dan jangan takut untuk menambahkan filter atau teks untuk membuatnya lebih baik!
  3. Anda dapat berbagi Dubs Anda dengan teman-teman Anda atau berani berbagi dengan seluruh dunia!
Jadi, cara pertamanya kalian tinggal pilih aja sound yang bakalan jadi dubbing di video nanti di tab Discover. Tapi kalo pengin langsung nyari sound yang dipengenin, bisa langsung pilih search, atau bisa langsung bikin sendiri dengan cara add sound.

Kalo sound-nya udah dipilih, siapkan ekspresi kalian biar bisa sinkron antara mimik muka sama sound yang di-dubbing nanti. Kalo udah ngerasa oke, bisa langsung klik next buat di-share, kalo masih belum total ekspresinya, bisa ngulang lagi. Pilihan share-nya ada facebook messenger, whatsapp, message dan terakhir save to camera roll. Buat yang pengin di-share ke instagram atau social media lain yang nggak disebutin di atas pilih save to camera roll aja.

Secara keseluruhan, Dubsmash ini emang simple banget. Karena cuma sekali take doang. Nggak kayak video di instagram yang membutuhkan beberapa take dan scene serta editing biar bisa lebih total dan maksimal hasil videonya. Jadi, wajar kalo Dubsmash banyak digandrungi para selebritas di Indonesia. Lumayan buat ngisi waktu seru-seruan disela kesibukan shootingnya kayaknya.

Gue sempet bikin juga nih video Dubsmash, dan ini contoh video Dubsmash gue yang di-upload ke akun instagram gue: http://instagram.com/indrathrw FOLLOW, YAK!

A video posted by Indra Permana (@indrathrw) on
Kalo nggak bisa kebuka, bisa langsung meluncur ke sini: https://instagram.com/p/4jjeVyLmdc/

Kalo video di instagram ada komunitas Indovidgram dan di Vine ada komunitas Indovines, di Dubsmash juga ada Dubsmashindonesia. Tapi kayaknya mereka belum secara resmi announce kalo Dubsmash ada akun komunitasnya di Instagram.

Nah, sekian dulu postingan gue kali ini tentang Dubsmash: Media Sosial Yang Lagi Heboh Gimana nih kalian udah pada ikut ngeramein juga nggak nih?

Jangan lupa share postingannya ke temen-temen yang lain, ya. Jangan lupa juga like fanspage dan follow blog ini dengan cara klik like dan follow yang ada di sidebar. Biar bisa langsung tau kalo ada postingan terbaru dari blog ini. Setiap ada postingan baru bakal gue share juga ke fanspage di facebook. Kalian juga bisa berlangganan postingan blog gue ini via email di form paling bawah sebelah kanan. Thanks udah mampir dan jangan bosen mampir lagi ke mari :D

Wednesday, July 1, 2015

Tips Mudah Untuk Tetap Fit di Bulan Puasa

Wednesday, July 01, 2015 7
Tips Mudah Untuk Tetap Fit di Bulan Puasa

Bulan ramadhan udah memasuki hari ke-14, jadi masih sekitar 16 hari lagi menuju lebaran. Elah, baru minggu kedua udah mikirin lebaran. Btw gimana puasanya, pada lancar atau udah ada yang bolong? Sundel kali ah, bolong. Hehehe.

Untuk tema postingan kali ini masih sama kayak postingan sebelumnya, yaitu tentang Bulan Ramadhan. Oleh karena itu, sekarang gue bakalan membahas tentang Seberapa Sering Baper Ketika Stalking di Akun Media Sosial Mantan Yang Diputusin Karena Cepirit Ketika Makan Malem Sama Keluarga Besar Yang Sebesar-besarnya. Oke, itu ngaco. 

Nggak, bukan itu yang bakal gue bahas. Kali ini gue bakalan ngasih Tips Mudah Untuk Tetap Fit di Bulan Puasa versi gue. Jadi, jangan harap ada tujuh poin, ya. Karena ini bukan versi On The Brot. Yuk ah, langsung cekidot aja Tips Mudah Untuk Tetap Fit di Bulan Puasa versi gue ini..

1. Istirahat Yang Cukup
Di bulan puasa ini, jadwal tidur kita jadi sedikit berubah. Yang biasanya kita tidur malem dan bangun pagi-pagi, di bulan puasa ini jadi harus bangun lebih awal dari biasanya. Karena kita dianjurkan untuk makan sahur, biasanya sekitar jam setengah empat pagi. Nah, karena itulah kita jadi ngerasa kekurangan istirahat selama bulan puasa. Kecuali kalo kita sedikit mengubah pola tidur kita, yaitu dengan tidur lebih awal di malam hari. Kalo masih sama kayak bulan biasa, atau bahkan tidurnya jadi makin malem, wajar aja kalo siang hari udah lemes dan nguap-nguap pengin tidur. So, istirahat yang cukup ini penting banget dilakuin di bulan puasa.

2. Makan Yang Bener
Yang ini juga nggak kalah penting nih. Berdasarkan pengalaman pribadi gue di awal minggu puasa kemaren, gue tepar, perut sakit, nggak enak dan kembung, badan juga panas. Kayaknya ini karena gue makan makanan yang nggak bener ditambah ngopi seteleh buka puasa. Nah, dikarenakan ngopi dan makan makanan yang nggak bener itulah yang bikin gue jadi bergadang dan besoknya tepar.

Menurut gue, pemilihan makanan selama bulan puasa ini sangat penting, terutama saat berbuka. Mentang-mentang seharian nggak makan dan minum, eh pas buka malah makan dan minum banyak-banyak. Pilihlah makanan yang lebih banyak mengandung nutrisi yang baik buat tubuh kita. Karena selama berpuasa, kita nggak dapet asupan nutrisi tersebut. Jadi, pinter-pinter memilah aja makanan sama minuman yang baik untuk kesehatan kita di bulan puasa ini. Cielah, udah kayak ahli gizi aja gue.

3. Nikmati
Iya, nikmati. Segala sesuatu yang dinikmati itu biasanya akan memberi pengaruh positif ke kitanya. Banyak sekali cara untuk menikmati kesehatan di bulan puasa. Bisa dengan selalu berfikir postif, tetap menjalankan hobi (yang hobi makan nggak masuk itungan) atau mungkin melakukan kegiatan positif lainnya yang bermanfaat.

...

Yak, ketiga poin di atas adalah Tips Mudah Untuk Tetap Fit di Bulan Puasa versi gue dan berdasarkan pengalaman pribadi gue selama menjalani puasa. Semoga bisa bermanfaat. 

Kalo ada yang mau nambahin selain dari tiga poin di atas, bisa banget di-share di kolom komentar, ya. Cukstaw. 

Jangan lupa share postingannya ke temen-temen yang lain, ya. Jangan lupa juga like fanspage dan follow blog ini dengan cara klik like dan follow yang ada di sidebar. Biar bisa langsung tau kalo ada postingan terbaru dari blog ini. Setiap ada postingan baru bakal gue share juga ke fanspage di facebook. Kalian juga bisa berlangganan postingan blog gue ini via email di form paling bawah sebelah kanan. Thanks udah mampir dan jangan bosen mampir lagi ke mari :D

Photo credit: rizviGrafiks