Blogger Keren Terlatih Untuk Disiplin, Kritis dan Bertanggung Jawab

Monday, March 21, 2016


Menurut gue, ngeblog itu banyak sekali manfaatnya. Selain bisa melatih diri untuk lebih mengeksplor skill menulis, ngeblog juga bisa melatih diri untuk lebih peka terhadap situasi sekitar. Misalnya nih ya, di twitter lagi pada rame ngebicarain tentang LGBT, nah kita sebagai blogger harusnya bisa lebih peka dengan hal-hal yang lagi happening itu untuk diangkat menjadi sebuah tulisan di blog kita. Entah itu mau diolah menjadi sebuah artikel, opini, puisi atau bahkan karya lain yang lebih ke visual. Btw, ini bisa jadi tips buat yang sering ngerasa stuck sama ide untuk menulis di blog. Kayak gue. Hehe.

Selain dua faktor tersebut, ngeblog itu bisa juga melatih diri kita untuk senantiasa disiplin dan bertanggung jawab. Nggak percaya? Oke mari kita coba bahas bareng-bareng.

Disiplin

Dengan menulis di blog, disiplin sepertinya diperlukan, terutama disiplin terhadap waktu. Time management skill kita ini memang diperlukan. Karena menurut gue, nulis di blog itu nggak asal mijit-mijit huruf-huruf, spasi dan enter doang di keyboard.

Terutama untuk blog yang sering membahas tentang isu-isu sosial atau kehidupan sekitar ini sangat diperlukan waktu untuk research atau sekedar berdiskusi dengan orang lain yang mempunyai kapasitas di bidangnya. Belum lagi untuk blog yang kontennya tentang cerpen, so many time needed.

Poin pertama ini menunjukan bahwa seorang blogger emang terlatih untuk disiplin membagi-bagi waktunya. Terutama bagi blogger yang mempunya jadwal dan kegiatan yang padat, tapi masih bisa konsisten menulis di blog.

Kritis

Banyak sekali yang harus dipersiapkan untuk mengangkat sebuah isu sekitar kita ke ranah maya. termasuk mencari informasi yang akurat dan shahih kebenarannya. Kita dianjurkan untuk lebih kritis mencari tau informasi yang benar atas isu tersebut. Sebagai blogger yang baik, kita nggak boleh menyebarkan informasi yang masih simpang siur, apalagi yang nggak bener. Nah, buat blogger yang sering posting tentang isu-isu hangat ini nggak ngerasa kan kalo kalian jadi terlatih lebih kritis.

Setelah mendapatkan banyak informasi yang akurat, tajam dan terpercaya. Halah, kayak tagline berita di tv aja. Eh tapi beneran, kalo udah dapet informasi yang bener, tugas kita tinggal bertanggung jawab dengan apa yang udah ditulis dan dipublikasikan. Mari lompat ke poin tiga.

Bertanggung Jawab

Selain disiplin dan kritis, menulis di blog juga membuat kita terlatih untuk tanggung jawab. Bedanya, tanggung jawab seorang blogger itu bertanggung jawab atas tulisan yang udah dipublikasi. Buat blogger yang isi blognya curhatan mah masih keitung aman dari tanggung jawab, curhatan kan bukan informasi yang harus diketahui oleh banyak orang dan diketahui otoritas kebenarannya, biarkanlah dia yang curhat dan Tuhan yang tau benar atau nggaknya sebuah curhatan. Lah, kenapa malah jadi bahas curhatan.

Jadi, setelah kita menulis berbagai data dan informasi di sebuah postingan di blog, kemudian mempublikasikannya, tugas kita tinggal bertanggung jawab atas tulisan kita yang udah dipublish tadi. Nah, dengan demikian, secara perlahan kita jadi terlatih untuk bertanggung jawab.

Coba, apakah kalian udah ngerasa terlatih dengan tiga poin di atas?

Jangan lupa share postingannya ke temen-temen yang lain, ya. Jangan lupa juga like fanspage dan follow blog ini dengan cara klik like dan follow yang ada di bawah. Biar bisa langsung tau kalo ada postingan terbaru dari blog ini. Setiap ada postingan baru bakal gue share juga ke fanspage di facebook. Kalian juga bisa berlangganan postingan blog gue ini via email di form paling bawah. Thanks udah mampir dan jangan bosen mampir lagi ke mari :D

You Might Also Like

22 komentar

  1. bener juga vroh. kdang gue juga masih kurang disiplin. betewe tulisanmu masih ada yang salah tulis tuh

    ReplyDelete
  2. pengamatan yang cukup prima bro, hohoho. setuju banget kalau dibilang ngeblog itu manfaatnya banyak. selain membuat kita lebih peka terhadap keadaan sekitar, point2 kayak disiplin, kritis dan bertanggung jawab pun menjadi bonus tersendiri. selain itu, blog pun bisa dijadikan kendaraan untuk menghasilkan uang

    ReplyDelete
  3. kalau menurut aku, disiplin itu yang paling susah tapi bukan berati g bisa. kalau udah nerapin disiplin dalam ngeblog, biasanya faktor x yg lain ngikutin juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi. Tapi untuk mencapai disiplinnya itu sendiri juga susah, Terutama untuk blogger yang niatnya masih setengah-setengah :D

      Delete
  4. Selama gue ngeblog, yang paling kerasa sih tingkat kedisiplinnya. Gue jadi pinter mengatur dan membagi waktu. Waktu untuk ngeblog, ada. Waktu untuk belajar juga ada. Waktu untuk aktivitas lain-lain juga ada. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang lebih sama lah ya kayak time management selingkuh. Harus pinter-pinter pilih waktu aja haha

      Delete
  5. Setuju banget sama poin poin diatas. Apalagi poin pertama, disiplinnya yg paling penting yg lain mengikuti hehe susah padahal mudah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi. nggak susah-susah amat dan nggak mudah-mudah amat.

      Delete
  6. Ngeblog jg bisa nambah teman dgn gabung di berbagai komunitas blogger

    ReplyDelete
  7. point nomor satu tuh,yang sering gue lewatin,karena gue post nya gak disiplin,kadang 1 minggu sekali,kadang 1 bulan sekali wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga masih kayak gitu. Tapi diusahain banget seminggu sekali harus update

      Delete
  8. Gue ketawa waktu lu bahas soal blog curhatan.
    memang biarkan dia bertanggung jawab sama Tuhan soal curhatannya. Heheh..

    Ya gue setuju banget soal tanggung jawab. Dalam blog memang harus tanggung jawab,untuk segala tipe blog sih sebenernya. Kalau konten blognya untuk menghibur, ya tanggung jawabnya harus bisa memberikan hiburan bagi pembaca dan seterusnya.
    apalagi yang seo nya bagus. Kasihan kan orang yang baca kalau infonya asal-asalan.
    Thanks ya postingannya. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha lah iya, yang tau ceritanya kan dia doang sama Tuhan.

      Betul banget. Suka sayang aja sama blog yang SEO nya udah bagus, eh postingannya gitu-gitu aja atau bahkan cuma hoax belaka.

      Delete
  9. Yoi masbro!! Setuju abis haha #HidupBloggerIndonesia :))

    -jevonlevin.com

    ReplyDelete
  10. Hehe bener banger ini... bagian kritis dan bertanggung jawab itu saling berhubungan. Dimana kita kritis di suatu peristiwa namun kita harus tanggung jawab dengan apa yang kita kritisin... jgn sampai kita menyebarkan informasi yang salah (kecuali kalau masalah joke, hehe)

    kalau disiplin itu yang perlu saya tingkatan, hehe sebab ya begitu lah kadang ada hawa malas yang menyerang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya bener, kayak synergi aja. Kalo udah kritis, ya kita harus bertanggung jawab atas apa yang kita kritisi.

      Yoi, gue pun masih gitu.

      Delete
  11. Wah iya nih bro harus punya sikap disiplin dan tanggung jawab nih, okeh keren nih bro artikelnya.

    ReplyDelete
  12. aku masih bermasalah dengan disiplin, padahal maunya seminggu sekali posting :v
    btw soal blog curhatan (cerita sehari2) aku suka yg ada unsur komedinya, ambil contoh seperti penulis Alitt.. toh cerita sehari2 inilah yang membuat pembaca dan penulis jadi terasa begitu dekat.. makanya penulis seperti Radiya Dika, Alitt Susanto, dll.. bisa dibilang sukses dalam dunia kepenulisan dengan bermodalkan cerita sehari2nya :D
    yah tapi kalo belum terkenal blog cuma curhatan semua apalagi sedih & ngak ada lucu2nya hmm by by ajalah *mungkin ini juga yg kamu maksud kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga masih berjuang untuk bisa disiplin update postingan minimal seminggu sekali.

      Nah iya, tapi semakin banyak juga orang yang tulisannya jadi ke-radit-radit-an atau ke-alitt-alitt-an. Karena mereka menulis dengan gaya yang sama persis seperti alitt atau radit.

      Delete

Selamat datang di blog gue.. Terima kasih sudah membaca postingan sampai akhir. Silakan komentar tentang postingan di atas. Berilah komentar yang sopan no SARA dan jangan lupa mampir lagi ke sini. Silakan tinggalkan jejak tapi jangan nyepam. Thanks, guys! :D