Tips Liburan ke Banda Aceh untuk Pemula

Tuesday, November 29, 2016

Kalo pengin ngerasain sensasi liburan ke tempat-tempat baru yang jauh dari Pulau Jawa, selain pergi ke Papua yang lokasinya ada di wilayah paling timur Indonesia, Kalian juga bisa pergi ke arah sebaliknya yaitu ke arah barat dengan mengunjungi Aceh.

Wisata Banda Aceh yang terkenal dan banyak diminati di antaranya adalah Masjid Raya Baiturrahman, kapal diatas rumah, Museum Tsunami, kapal PLTD Apung, dan lain-lain.

Aceh dikenal sebagai Serambi Mekah karena provinsi ini sangat ketat dalam menjalankan syariat Islam. Hal tersebut juga tergambar melalui peraturan daerah yang ada di sana. Salah satu peraturan yang harus ditaati oleh siapapun yang ada di Aceh atau berkunjung ke Aceh adalah, mereka harus mengenakan pakaian yang sopan saat berada di tempat umum.

Namun sebelum memutuskan pergi berwisata ke sana, ada beberapa peraturan daerah yang sebaiknya Kalian tahu. Agar lebih nyaman saat berwisata, tips liburan ke Banda Aceh berikut ini sebaiknya Kalian ingat.

Tips liburan ke  Banda Aceh

Kalo Kalian berminat untuk pergi liburan ke Banda Aceh, hindari menggunakan pakaian terbuka, baik wanita maupun pria. Sebisa mungkin gunakanlah pakaian yang tertutup untuk menghormati peraturan dan masyarakat setempat.

Khusus untuk wanita, dianjurkan menggunakan penutup kepala berupa jilbab saat berada di Banda Aceh.

Bagi Kalian yang pergi berwisata dengan pasangan, sebaiknya melengkapi diri dengan buku nikah . Karena di Aceh, sering terjadi pemeriksaan dan sanksi untuk mereka yang nggak bisa menunjukkan bukti nikah sangat ketat. Seketat celana skinny jeans yang ukurannya lebih kecil dari ukuran kita seharusnya.

Kalo Kalian liburan dengan teman atau lawan jenis, Kalian dilarang keluar berdua-duaan diatas pukul 22.00 malam, kecuali pada momen-momen tertentu atau ketika ada acara-acara tertentu yang diikuti orang banyak.

Di Aceh juga ada peraturan khusus untuk wanita saat naik kendaraan bermotor. Mereka dilarang duduk seperti pria yaitu mengangkang atau menunggang. Melainkan, mereka diharuskan untuk duduk menyamping seperti yang dilakukan oleh perempuan pada umumnya.
Demi kelancaran dan kenyamanan saat berwisata, berbagai peraturan di atas sebaiknya diingat dan dijalankan ketika berkunjung ke Aceh, khususnya di Banda Aceh.

Cara pergi ke Aceh

Seperti yang Kalian tahu, Sumatera adalah salah satu pulau di Indonesia yang wilayahnya sangat luas. Sehingga untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain membutuhkan waktu yang sangat lama mengingat jaraknya yang jauh.

Untuk bisa sampai di Aceh, transportasi yang dianjurkan untuk digunakan adalah pesawat. Ada banyak maskapai penerbangan yang melayani rute dari berbagai daerah langsung menuju ke Bandar Udara Sultan Iskandar Muda. Bandar udara tersebut lokasinya kurang lebih 15 km dari pusat kota.

Dari bandara, ada banyak pilihan kendaraan yang bisa Kalian gunakan untuk pergi ke hotel atau ke pusat kota, diantaranya adalah taksi, mobil sewaan, atau dengan memanfaatkan fasilitas antar jemput dari hotel.

Moda transportasi lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses Aceh adalah transportasi darat menggunakan bus atau kendaraan pribadi dan transportasi laut. Hanya saja dua opsi terakhir ini nggak begitu disarankan mengingat lama perjalanan yang pasti sangat lama.

Objek wisata terkenal di Aceh

Kali ini gue mau share Pantai-pantai yang indah dulu yang Aceh punya. Beberapa pantai indahnya bisa diakses lumayan gampang dari pusat kota. Sebelum lanjut, tahan emosinya dulu jangan sampe langsung ngiler dan langsung pengin liburan ke sini. Are you ready? Oke, here we go:


1. Pulau Rubiah

Tempat wisata yang indah dan menarik pertama adalah Pulau Rubiah. Pulau ini berada di wilayah Sabang, atau tepatnya berada di sebelah barat laut Pulau Weh.

Pulau Rubiah - trover.com
Seperti Pulau Weh, Pulau Rubiah juga banyak diminati oleh traveller sebagai tujuan wisata bawah laut karena memang disini ada banyak biota laut serta terumbu karang indah yang bisa dinikmati sambil snorkeling atau diving. Coba liat airnya, bening dan bersih banget.


2. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk - seulangatravel.com
Pantai yang satu ini adalah pantai yang paling banyak peminatnya karena memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Pantai ini membentang sejauh 5 kilometer dari selatan ke utara. Memiliki pasir berwarna putih dan bersih serta air laut yang jernih dengan gelombang yang lumayan menantang, cocok untuk surfing.


3. Pantai Lhoknga

Pantai lainnya adalah Pantai Lhoknga (Lho-nga). Pantai ini tepat berada di sisi sebelah selatan Pantai Lampuuk. Namun nggak seperti Pantai Lampuuk, Pantai Lhoknga memiliki karakter berbatu.

Surfing di Lhoknga - mimzee24.blogspot.co.id

Pantai ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata oleh peselancar karena terkenal memiliki ombak yang cukup besar. Buat para surfer yang hunting ombak besar dengan view yang indah, Pantai ini adalah surga untuk kalian, guys!

Liburan tanpa menikmati kuliner khas yang ada di destinasi wisata, rasanya nggak sempurna. Banda Aceh punya santapan yang wajib kalian coba. Ayam Tsunami atau dikenal juga dengan nama kuliner Ayam Berbumbu adalah salah satunya. Kuliner lain yang nggak boleh Kalian lewatkan adalah gulai kambing khas Aceh. Masakan ini bercita rasa pedas dengan aroma rempah-rempah yang sangat kuat. 

Selain itu, jangan lupa juga mencoba “Nasi Guri” yaitu nasi yang diolah seperti nasi uduk. Rasanya sangat enak dan gurih.

Oke, kayaknya sekian dulu sedikit tips gue untuk kalian yang mau liburan ke Banda Aceh. Sekarang udah nggak perlu bingung lagi kalo ke Banda Aceh itu harus ke mana dan ngapain.

Jangan lupa share postingannya ke temen-temen yang lain, ya. Jangan lupa juga like fanspage dan follow blog ini dengan cara klik like dan follow yang ada di bawah. Biar bisa langsung tau kalo ada postingan terbaru dari blog ini. Setiap ada postingan baru bakal gue share juga ke fanspage di facebook. Kalian juga bisa berlangganan postingan blog gue ini via email di form paling bawah. Thanks udah mampir dan jangan bosen mampir lagi ke mari :D

You Might Also Like

4 comments

  1. Ajegile! ternyata pantai Aceh ngga kalah keren juga ama yang di Pacitan

    ReplyDelete
  2. pantai aceh dulunya indah, sekarang sering kena bencana, jd takut

    ReplyDelete
  3. Teringat dahulu saat Aceh diterjang Tsunami jika mampir ke Museum Tsunami

    ReplyDelete
  4. Nice share kang, penasaran aku mah pengen ke museum di Aceh.. :)

    ReplyDelete

Selamat datang di blog gue.. Terima kasih sudah membaca postingan sampai akhir. Silakan komentar tentang postingan di atas. Berilah komentar yang sopan dan jangan lupa untuk terus mampir ke sini. Silakan tinggalkan jejak juga tapi jangan nyepam. Thanks, guys! :D