Me Time itu Penting! Benarkah?

Monday, May 29, 2017

aa indra permana di Bali
Bagi sebagian orang yang mempunyai penjamahan waktu untuk bekerja yang cukup panjang setiap harinya, pasti pernah merasakan titik lelah. Terutama bagi mereka yang menghabiskan waktu lebih banyak untuk kepentingan orang lain dibandingkan dengan waktu yang dihabiskan untuk memenuhi kepentingan dasar dirinya sendiri seperti makan, ngopi dan ketawa-ketiwi.

Para pekerja di lingkungan perkotaan dengan rutinitas pekerjaan A sampe Z akan merasakan hal demikian, ya gimana, namanya juga tuntutan.

Menurut teori tong shan chong bin tong fang, hal-hal kayak gitu udah dipastikan akan memberikan reaksi ke tubuh dan pikiran kita. Badan lemes, mata ngantuk, pikiran pusing, muntah paku, kencing semen adalah sepersekian persen reaksi yang akan timbul.

Sebelum reaksi di atas timbul, baiknya kita mencegahnya dengan cara kita masing-masing. Karena tiap orang pasti beda-beda cara dan ritualnya. Ada yang check-up ke dokter, ada yang piknik bareng keluarga, ada juga yang check-up ke dokter bareng keluarga, tergantung sikon dan dompet masing-masing sih biasanya.

Nah, kalo cara yang biasa gue lakukan untuk mencegah hal-hal mengerikan tadi adalah dengan cara ME TIME.

Aa ai ME TIME teh apa atuh?

Me Time menurut Oxford Dictionaries yaitu "Time spent relaxing on one’s own as opposed to working or doing things for others, seen as an opportunity to reduce stress or restore energy."

Apa itu teh a artinya? Kurang lebih artinya teh kayak gini: waktu yang  dihabiskan oleh seseorang dengan beristirahat/bersantai sebagai pengalihan/penolakan dari bekerja atau melakukan sesuatu untuk orang lain. Diliat juga sebagai kesempatan untuk mengurangi stres dan mengembalikan energi.

Nah kalo yang tadi mah Me Time versi Kamus Oxford, kalo Me Time versi gue mah adalah melakukan sesuatu yang disukai dan dilakukan secara sendirian untuk mencari kepuasan. Ya intinya sama aja, doing something secara sendirian yang bertujuan untuk mendapatkan kesenangan.

Kebetulan selama gue tinggal di Cilegon, gue belum pernah melakukan ritual tersebut. Baru minggu kemaren nih gue kesampean bisa melakukan ritual Me Time gue.

Jangan dulu di-skip, gue mau cerita dulu bentar.

Minggu sore kemarin gue naik angkot dari kontrakan menuju ke sebuah Mall di sekitaran kota sini. Karena gue ini orangnya nggak mau rugi dan sia-sia, sambil menyelam minum air, sambil jalan pake angkot, sambil nyari pokemon. Lumayan juga buat mecahin telor pokemon gue yang 5 km. Lumayan juga gue dapet beberapa pokemon yang belum pernah gue dapetin sebelumnya. Belom lagi pas turun dari angkot, gue nemu pokemon yang CP-nya lumayan gede.

Karena masih penasaran, gue coba keliling di pinggiran mall itu, dan ternyata lumayan ada banyak pokemon yang mangkal di sana, walaupun jenis pokemonnya pasaran kayak kaos Turn Back Crime yang banyak banget orang-orang pake.

Oh iya, kenapa gue pilih pergi ke Mall? selain karena belum tau tempat-tempat publik lain di daerah sini, ada sesuatu yang mau gue cari juga di sana. Gue lagi nyari buku berjudul Rudy Habibie yang udah diramu menjadi sebuah film yang keren dan inspiratif sekali. Gue juga lagi nyari CD-nya Twenty One Pilots, tapi hasilnya nihil. Keduanya nggak ada. Meh.

Kemudian gue jalan kaki dari satu mall ke mall yang lain dengan rentang jarak sekitar 1000 meter selama kurang lebih setengah jam. Bukan karena nggak ada angkot atau nggak ada ojek elang di parkiran, tapi karena gue pengin ngerasain suasana di sekitaran trotoarnya aja dengan jalan kaki.

Gue termasuk orang yang seneng juga jalan kaki. Alasannya karena lebih merasa lebih menyatu aja dengan udara sekitar, suasana sekitar, obrolan-obrolan sekitar dan jadi lebih bisa melihat dan merasakan semua yang ada di sekitar secara detil. Kalo lo naik mobil atau motor ya cuma selewat gitu aja kan.

Oke, setengah jam kemudian gue sampe di Mall kedua. Kali ini tujuannya  cuma untuk ngopi. Jadi ketika sampe di sana, gue langsung mesen Hot Cafe Latte dan duduk di set yang berkursi dua walaupun gue cuma sendirian. Untung nggak baper dengan mewek karena di depan nggak ada lawan jenis yang bisa jadi lawan bicara yang asik.

Ngopi-ngopi dan nongki-nongki adalah hak segala bangsa yang sudah menjadi rutinitas anak remaja gaul agar tetap menjaga kegaulannya di zaman sekarang yang banyak tempat gaul. Termasuk gue, gue juga seneng ngopi. Tapi cuma sebatas penikmat aja, nggak sampe expert ke pengetahuan tentang kopi. Baru sebatas tukang nyeruput doangan lah gue mah.

Berhubung waktu itu lightingnya lagi oke, background dan look di mejanya oke, tanpa perlu pikir panjang lagi gue langsung buka hape, pilih menu kamera, ngambil angle yang oke, komposisi yang pas, jepret. Yak betul, gue seneng motret juga.
instagram: aaindrapermana
Nggak usah yang mahal-mahal atau yang ribet-ribet kalo lo mau melakukan Me Time tapi kepentok dengan keterbatasan. Lakuin aja hal-hal simple yang bisa bikin lo seneng. Gitu.

Menurut Alan White, seorang profesor berasal dari University of Leeds yang gue kutip dari blog sebuah merek sampo terkenal. Beliau pernah berkata bahwa: "Menikmati waktu sendirian ini sangat membantu dalam memproduksi kembali tekanan darah agar lebih sehat, sekaligus memberikan pengaruh positif terhadap pikiran seseorang."

Jadi intinya, Me Time adalah melakukan hal-hal apapun yang lo suka biar lo senang. Jadi pikiran terasa lebih tenang dan udah merasa siap untuk bertempur kembali dengan rutinitas besok siang. Sejauh ini yang gue rasakan manfaat dari Me Time ya  kayak gitu. Kalo kalian gimana nih? Ada yang suka ngelakuin ritual Me Time kayak gue juga nggak nih?
instagram: aaindrapermana

Oke sekian dulu postingan gue tentang Me Time. See you on the next post! Happy Blogging, happy Me Time!

Jangan lupa share postingannya ke temen-temen yang lain, ya. Jangan lupa juga like fanspage dan follow blog ini dengan cara klik like dan follow yang ada di bawah. Biar bisa langsung tau kalo ada postingan terbaru dari blog ini. Setiap ada postingan baru bakal gue share juga ke fanspage di facebook. Kalian juga bisa berlangganan postingan blog gue ini via email di form sidebar. Hatur nuhun udah mampir dan jangan bosen mampir lagi ke mari :D

You Might Also Like

2 comments

  1. betul ya, waktu untuk bersenang2 menikmati hobi kita

    ReplyDelete
  2. Betuuul. Gue biasanya kadang seneng aja gitu muter-muter gajelas sendiri. Padahal kagak ada temen aja sih. Muahaha. \:p/

    ReplyDelete

Selamat datang di blog gue.. Terima kasih sudah membaca postingan sampai akhir. Silakan komentar tentang postingan di atas. Berilah komentar yang sopan dan jangan lupa untuk terus mampir ke sini. Silakan tinggalkan jejak juga tapi jangan nyepam. Thanks, guys! :D