Tech Story: Suara iPhone 4 Tidak Keluar (Hilang) dan Cara Mengatasinya

Monday, June 19, 2017

Ini adalah smartphone yang sangat gue mimpi-mimpikan untuk bisa memilikinya, dari awal tau tentang smartphone ini, gue langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Pertama karena gayanya yang simple, stylish, mewah dan elegan, kedua karena kameranya lumayan oke dan OS-nya yang katanya paling stabil diantara OS smartphone lainnya.

Sebenernya ini adalah kali kedua gue pake dengan merek yang sama, tapi dulu gue pake yang versi jaringan CDMA dan memori internalnya berkapasitas 16 GB. Gue beli second dengan harga yang lumayan murah dibawah harga pasaran. Gue dapet dari FJB Kaskus. Kondisinya lumayan mulus, cuma ada dent dikit di bagian atas. Selama gue pake sampe dijual lagi, nggak pernah nemuin masalah, cuma home button aja agak menjorok ke dalem dikit.

Ada sedikit drama juga sih waktu mau jual si putih ini. Jadi dulu sebelum serah terima jual beli, seperti yang udah-udah, gue selalu reset semua datanya. Eh, ternyata iPhone CDMA itu jangan direset, cukup logout aja Apple ID-nya. Nah, hal itu menyebabkan sinyalnya hilang. 


Nah yang kedua ini gue dapet dari grup forum jual beli di Facebook. Kondisi fisiknya super mulus kayak baru, kapasitasnya 32 GB, warna item, jailbreaked. Harganya lumayan miring, kayak topi. Iya, Topi Miring. Buat makan itu loh.

Awal-awal gue pake sih masih oke, nggak ada kendala apa-apa kecuali performa batere yang udah mulai lemah syahwatnya. Yassalam. Gejala awal udah mulai kerasa nih. Gawat.

Setelah gejala awal tadi muncul ke permukaan, ketika umurnya udah 2 minggu lebih di tangan gue, muncul lagi satu kendala yang bikin gue makin nyesel beli smartphone ini; jadi si iPhone ini sering banget force-close-app mulu, abis itu sering restart sendiri juga. Mentang-mentang yang makenya jomblo nih, restart aja sendiri. Kasian.

Dari awal munculnya kendala di iPhone gue ini, udah pasti gue nyalahin diri gue sendiri. Ya memang karena keteledoran gue juga yang percaya gitu aja dengan iPhone yang murah gitu, nggak cek & ricek lebih detail, dan terkesan buru-buru juga belinya.

Gue kira itu karena henponnya jailbreaked, jadi dengan sotoynya gue coba unjailbreak aja dengan harapan iPhone gue bisa kembali normal. Bermodalkan artikel di google dan video di youtube, gue mulai mencoba untuk meng-unjailbreak henpon gue. Guess what happend!? Setelah di-unjailbreak, volume control henponnya jadi menghilang. Shit.
Hal itu mengakibatkan gue nggak bisa memutar musik dan video karena suaranya nggak keluar, kecuali kalo ada telepon masuk, baru berdering. Berawal dari tekad yang penuh  dengan rasa penasaran, gue coba nanyain ke group iPhone yang ada di Facebook. Jawabannya rata-rata sama, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan membersihkan dock connector dengan sikat gigi atau kuas yang dicocol alkohol 70%. Oh iya, alkoholnya jangan dioplos, yha.

Tapi bentar nih. Apa hubungannya antara suara nggak keluar dengan membersihkan dock connector buat nge-charge? Timbul pertanyaan besar setelah gue membaca tips and trick mengatasi suara iPhone 4 yang tidak keluar atau hilang itu. Awalnya gue pikir speakernya emang rusak atau ada trouble apa gitu sama speakernya. Lah ini malah disuruh sikat gigi. Gue tempelin salonpas juga nih. Nggak nyambung amat.

Berhubung udah ada orang yang berhasil dengan cara kayak gitu, gue coba aja. Untung alat sama bahannya gampang dicari.

Oke, gue coba ngikutin cara itu dan berhasil. Volume Control-nya balik lagi, begitupun dengan suaranya, walaupun sebenernya gue masih bingung kalo cara itu bisa jadi solusinya, nggak masuk akal juga menurut gue.

Tapi sayangnya cara itu hanya bertahan beberapa hari aja, setelah itu ngilang lagi. Kampret.

Suatu ketika, karena saking udah keselnya, gue coba tetesin aja pake alkohol, eh layarnya jadi bernoda kehitaman gitu. Mau direndam pake deterjen pemutih, kayaknya nggak mungkin. Dari situ gue mulai makin panik, mana home button juga jadi nggak begitu sensitif. Layarnya jadi nggak asik dipandang karena ada noda hitam tadi, lumayan ganggu juga walau nggak ngaruh ke performance. Fixed, lah. Jual murah aja ini iPhone.

Setengah jam kemudian, noda hitamnya makin memudar, bersamaan dengan makin memudarnya kepanikan gue. Syukurlah, layarnya udah kembali normal, home button udah mulai oke, tapi volume control-nya masih belum ada juga. Gue nyerah, dicuekin aja udah. Nggak gue utak-atik lagi.

Sampe pada suatu hari, volume control itu muncul dengan sendirinya. Awal-awal kemunculannya sih masih malu-malu gitu. Kadang muncul, ngilang lagi. Persis kayak pacar kamu yang sekarang itu.

Makin ke sini, volume control-nya udah berani nongol lagi. The case not cleared yet. Muncul lagi masalah di mute button yang udah nggak bisa bekerja dengan baik walaupun masih bisa diganti pake assistive touch.

Dan ternyata setelah muter-muter nyari artikel tentang iPhone 4 ini, hilangnya suara dan volume control ini adalah masalah yang sering terjadi. Hal ini biasanya karena menggunakan kabel data yang bukan original. Selain itu, masalah yang biasa terjadi di iPhone 4 adalah tombol home dan tombol kunci jadi keras. Maklumlah, untuk ukuran tahun sekarang ini, iPhone 4 itu udah tua banget.

PS: Kalo punya uang lebih, mendingan beli model baru aja. Jangan lupa cek garansinya juga sebelum membeli henpon yang agak jadul dari Apple ini. Disarankan beli yang bergaransi resmi Indonesia sama garansi pre-owned dari Apple langsung. Last but not least, belinya dua ya. Dua-duanya buat gue. Kalian beli lagi aja kalo mau mah. HAH!

Jangan lupa share postingannya ke temen-temen yang lain, ya. Jangan lupa juga like fanspage dan follow blog ini dengan cara klik like dan follow yang ada di bawah. Biar bisa langsung tau kalo ada postingan terbaru dari blog ini. Setiap ada postingan baru bakal gue share juga ke fanspage di facebook. Kalian juga bisa berlangganan postingan blog gue ini via email di form sidebar. Hatur nuhun udah mampir dan jangan bosen mampir lagi ke mari :D

You Might Also Like

2 komentar

  1. gak berani beli hp bekas... bukan karena byk duit tapi gaptek sayahhhhh teh. kalau dapet yg gitu, bisa mati berdiri, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya sih, idealnya emang beli baru kalo buat pemakaian selamanya alias sampe rusak. Tapi kalo buat ganti-ganti mah enakan second biar nggak rugi-rugi amat wkwk

      Delete

Selamat datang di blog gue.. Terima kasih sudah membaca postingan sampai akhir. Silakan komentar tentang postingan di atas. Berilah komentar yang sopan no SARA dan jangan lupa mampir lagi ke sini. Silakan tinggalkan jejak tapi jangan nyepam. Thanks, guys! :D