Spot Diving di NTT dan Beberapa Pilihan Wisata Lainnya - Indra Permana

Saturday, September 30, 2017

Spot Diving di NTT dan Beberapa Pilihan Wisata Lainnya

Buat kalian yang suka diving, pasti nggak asing lagi dengan Pulau Alor. Sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini memiliki 42 situs selam yang terdaftar. Gila kan, banyak bener spot yang bisa dipilih untuk memuaskan pengalaman diving kalian. Tapi nggak cuma keindahan alam bawah lautnya aja yang memikat hati, destinasi wisata lainnya juga nggak kalah indah buat dikunjungi. Jadi buat kalian yang nggak suka diving, there is no reason buat nggak berkunjung ke Pulau Alor. Apalagi alesannya cuma karena jauh. 

Pantai Lola di Kabupaten Alor | sumber: nttupdate.com

Sekarang udah banyak maskapai penerbangan yang menawarkan jasa penerbangan ke sana, kayak pesawat Nam Air yang bisa jadi pilihan buat menuju ke sana. Jadi nunggu apa lagi cuy? Oh iya, biar nggak terlalu merasa boring, ada beberapa destinasi wisata pilihan lain yang membuktikan kalo Pulau Alor nggak hanya surga buat kalian yang suka diving doang. So here you go!

Desa Takpala

sumber: nttprov.go.id
Lokasi desa wisata Takpala terletak di Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara. Keseruan yang bisa kalian dapatkan di desa adat ini ada banyak loh. Kayak melihat tarian lego-lego yang dibawakan oleh masyarakat adat setempat, atau menginap di rumah tradisional khas Suku Abui.

sumber: nttprov.go.id

sumber: nttprov.go.id
Pasti bakalan jadi pengalaman yang luar biasa karena bisa merasakan hidup berbaur bersama masyarakat adat dengan kearifan lokal setempat. Karena berlibur bukan hanya tentang melihat pesona keindahan alamnya aja, Tapi mengenal suku adat setempat juga bisa membuat liburan kalian terasa lebih lengkap. Mantap.

Air Panas Tuti Adagae

sumber:alordaily.com
Berlokasi di Desa Tuti Adagae, Alor Timur Laut, tempat wisata yang satu ini kalo dilihat dari segi penampilannya emang nggak terlalu istimewa. Yang membuat Air Panas Tuti Adagae selalu rame dikunjungi wisatawan adalah karena pemandangan alamnya yang menakjubkan.

Awalnya, pancuran Air Panas Tuti Adagae memiliki tinggi puluhan meter, Tapi karena gempa bumi yang terjadi pada tahun 2004, pancurannya kini hanya memiliki tinggi sekitar 20 sentimeter. Tapi tenang aja, tempat wisata ini nggak akan membuat kalian merasa rugi berjalan jauh kok. Karena pemandangan yang terhampar indah selama perjalanan dan juga hangat airnya, bisa membayar tenaga kalian.

Museum 1000 Moko

Tempat wisata di Alor yang satu ini cocok buat kalian yang suka sejarah. Museum 1000 Moko terletak di Kota Kalabahi, tepatnya di Jalan Diponegoro. Di Museum 1000 Moko ini, terdapat foto-foto para raja masyarakat adat setempat, ada pula senjata tradisional, pakaian adat, dan yang pasti deretan Moko yang sangat rapi.

Moko ukuran sedang | sumber: opiumgewichte.com
Moko apaan sih? Moko adalah alat musik tetabuhan khas Alor yang terbuat dari perunggu. Fungsi Moko di Alor ini biasanya digunakan sebagai mas kawin atau alat untuk membayar denda.

Al Quran Tua

Al Quran tertua di Asia Tenggara | Sumber: ntt2.kemenag.go.id
Selain menyimpan sejarah kebudayaan masyarakat setempat, Pulau Alor juga menyimpan salah satu bukti sejarah penyebaran Islam di Nusantara. Itu terbukti dengan masih adanya Al Quran yang diyakini berusia sekitar 500 tahun yang lalu. Seperti Al Quran pada umumnya, kitab suci Agama Islam ini memuat 30 juz dan 114 surat. Uniknya adalah, Al Quran ini dibuat dari kulit kayu yang bertahan hingga sekarang.

Ragam Pantai

Kurang lengkap kalo berkunjung ke Pulau Alor tanpa menikmati keindahan pantainya. Kalo tadi udah disinggung tentang spot indah buat diving, sekarang giliran pantainya yang nggak kalah indah juga. Kalian bisa mengunjungi berbagai pantai yag menawarkan keistimewaannya masing-masing, beberapa diantaranya ada Pantai Lola di Alor Barat Daya, Pantai Welolo di Alor Timur, atau Pantai Maimol di Kalabahi. Kalo ada, gue mau coba naikin banana boat lagi disini, kayaknya bakal seru banget euy.

Pantai Maimol, Alor, Nusa Tenggara Timur NTT | sumber: nttprov.go.id
That it’s all beberapa rekomendasi tempat wisata di Pulau Alor yang bisa kalian nikmati dengan naik pesawat Nam Air menuju ke sana. Yuk, tunggu apa lagi? Tandai kalender kalian, segera dapatkan tiket pesawat Nam Air untuk perjalanan yang mengesankan.

Gimana, udah mulai tertarik untuk segera meluncur ke TKP nggak nih cuy? Kuy ah!

1 comment:

  1. Alat musik Moko sudah ada smenjak jaman perunggu ya mas? Bentuknya masih kayak peninggalan jaman purba banget soalnya. CMIW

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca tulisannya. Silakan beri komentar, berilah komentar yang sopan dan tidak mengandung SARA dan jangan lupa mampir lagi ke sini. Silakan tinggalkan jejak tapi jangan nyepam. Thanks, guys! :D